Sistem Omnichannel untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Anda

ilustrasi (pexels.com)

RADARSUMBAR.COM – Sistem omnichannel atau omni channel merupakan salah satu strategi untuk membantu mencapai tujuan bisnis Anda. Omnichannel, memungkinkan Anda untuk menggapai banyak pelanggan melalui beragam saluran hingga memastikan tingkat kepuasan pelanggan.

Dengan strategi ini, Anda tidak hanya dapat memperluas peluang untuk meningkatkan omzet penjualan. Melainkan, juga membantu menjaga keberlanjutan bisnis.

Pengertian dan Penjelasan Sistem Omnichannel

Omnichannel ialah strategi bisnis yang bertujuan mengembangkan pengalaman pelanggan dengan mengintegrasikan beragam saluran penjualan dalam satu sistem terpadu. Pendekatan ini merupakan evolusi dari konsep multichannel.

Omnichannel memiliki fokus utama untuk mencapai lebih banyak pelanggan. Pendekatan omnichannel tidak sekadar memberikan pengalaman positif kepada pelanggan.

Akan tetapi, juga memastikan berbagai macam program bisnis Anda berjalan secara konsisten di semua saluran yang digunakan. Saluran-saluran tersebut meliputi situs web, aplikasi seluler, email, media sosial, hingga toko fisik.

Jenis-Jenis Omnichannel

Sistem omnichannel dibedakan menjadi beberapa jenis. Untuk lebih detailnya, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Omnichannel Media Sosial

Sesuai dengan namanya, omnichannel media sosial memanfaatkan media sosial sebagai bagian integral dari strategi bisnis. Hal ini mencakup integrasi strategi media sosial dengan saluran penjualan, layanan pelanggan, hingga pemasaran.

Tujuannya, untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan di berbagai platform media sosial. Seperti Instagram, Twitter, Facebook, Linkedin, dan media sosial lain sebagainya.

  1. Omnichannel E-Commerce

Sistem e-commerce yang menerapkan strategi omnichannel memungkinkan pelanggan mengakses produk dan layanan melalui berbagai platform e-commerce. Tujuannya, adalah mempermudah pelanggan dalam berbelanja dan mengakses informasi produk dengan lancar. Alhasil, bisnis Anda dapat meningkatkan penjualan.

  1. Omnichannel Call Center

Omnichannel call center merupakan pusat layanan telepon yang menerapkan sistem omnichannel dalam memberikan layanan pelanggan. Sistem ini memungkinkan perekaman percakapan antara agen dan pelanggan, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan.

  1. Omnichannel Customer Service

Omnichannel customer service, memungkinkan bisnis Anda memberikan layanan pelanggan melalui berbagai saluran yang tersedia. Integrasi aplikasi memudahkan bisnis untuk memantau setiap pesan dan panggilan pelanggan. Dengan begitu, kualitas layanan dapat ditingkatkan.

  1. Marketing Omnichannel

Strategi pemasaran omnichannel fokus pada memasarkan produk dan layanan melalui berbagai saluran media. Sebut saja website, email, media sosial, hingga iklan digital. Dalam strategi ini, tim pemasaran harus terintegrasi dengan baik dan bekerja sama secara efisien.

Cara Sistem Omnichannel Bekerja

Sistem omnichannel bekerja dengan menghubungkan semua saluran komunikasi dan penjualan yang digunakan oleh bisnis Anda.

Sebagai contoh, seorang pelanggan wanita ingin membeli pakaian baru. Ia menemukan toko Anda di Instagram dan melihat produk yang menarik perhatiannya.

Setelah melihat review positif dari pelanggan lain di media sosial Anda, ia mengklik tautan menuju situs web dan melakukan pembelian.

Setelah pembelian selesai, sistem otomatis mengirim email kepada pelanggan untuk meminta pendapatnya tentang produk dan layanan tersebut. Jika pelanggan puas, ia mungkin akan kembali melakukan pembelian.

Manfaat Strategi Omnichannel dalam Bisnis

Manfaat strategi omnichannel sangat besar dalam menghadapi era bisnis yang semakin kompetitif. Omnichannel mampu memberikan kemudahan dalam berbelanja dan akses informasi produk bagi pelanggan.

Selain itu, menyederhanakan interaksi perusahaan dengan pelanggan. Supaya tidak makin penasaran, berikut ini ulasan selengkapnya.

  1. Jangkauan Pelanggan Menjadi Semakin Luas

Dengan memanfaatkan berbagai saluran dan platform, bisnis lebih mudah menjangkau pelanggan potensial. Hal ini dapat memberikan konsistensi dan kemudahan akses di semua saluran.

Anda juga dapat menarik dan mempertahankan pelanggan yang lebih luas. Selain itu, membantu dalam meningkatkan pangsa pasar dan pertumbuhan bisnis.

  1. Terintegrasi dengan Berbagai Jenis Saluran Penjualan

Omnichannel memungkinkan bisnis Anda terintegrasi dengan berbagai saluran komunikasi dan penjualan. Misalnya saja WhatsApp, Line, Telegram, hingga Facebook Messenger.

Hal ini memberikan pelanggan lebih banyak pilihan dalam menggunakan platform komunikasi dan penjualan sesuai preferensi mereka.

  1. Kepuasan Pelanggan Semakin Meningkat

Omnichannel memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk memilih saluran yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Informasi pelanggan diintegrasikan di seluruh saluran, sehingga memungkinkan perusahaan memberikan pengalaman yang personal dan relevan.

Dengan akses mudah dan layanan yang responsif, kepuasan pelanggan meningkat, mampu membangun loyalitas, dan meningkatkan retensi pelanggan.

  1. Tingginya Peluang Penjualan

Sistem omnichannel memungkinkan akses informasi dan data pelanggan di seluruh saluran. Memungkinkan pengiriman informasi promosi atau rekomendasi produk baru melalui email, teks, pemberitahuan, atau surat langsung kepada prospek dan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan peluang penjualan bisnis.

  1. Efisiensi Kerja Semakin Meningkat

Dengan menggabungkan semua saluran komunikasi dalam satu platform terpusat, team dapat melacak dan merespons permintaan customer dengan cepat dan efisien. Kemudian, dapat menghindari kehilangan informasi atau overlap dalam tanggapan yang dapat menghambat produktivitas.

Integrasi data pelanggan di seluruh saluran juga membantu tim memiliki pemahaman lebih baik tentang preferensi pelanggan, sehingga memungkinkan layanan yang lebih personal.

  1. Meningkatkan Keuntungan

Strategi omnichannel menjadi cara efektif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan,  meningkatkan pendapatan maupun keuntungan bisnis. Pengalaman yang lebih mudah dan menyenangkan bagi pelanggan dapat, mendorong mereka untuk memperbarui langganan atau melakukan pembelian ulang.

Kemudahan ini, dapat mempertahankan pendapatan berulang untuk bisnis. Dengan memahami manfaat ini, bisnis dapat lebih siap dalam menghadapi persaingan pasar dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

Meningkatkan Bisnis Online dengan Plugo

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda bisa menilai sendiri peran besar sistem omnichannel dalam meningkatkan kemajuan bisnis. Namun, omnichannel bukanlah satu-satunya.

Anda bisa menggunakan strategi lain yang lebih efektif dan efisien. Salah satu yang paling populer, yakni Plugo.

Plugo merupakan platform yang menyediakan segala kebutuhan Anda untuk menjalankan bisnis online supaya sukses besar. Jika Anda bandingkan dengan Omnichannel, Plugo jauh lebih unggul.

Dengan Plugo, Anda dapat dengan mudah membangun toko online, mengelola pesanan, mengintegrasikan pembayaran dan pengiriman, serta meningkatkan visibilitas bisnis. Bukan itu saja, alasan Plugo sangat direkomendasikan karena menawarkan lebih banyak keuntungan, antara lain.

  1. Desain Toko Online yang Mudah

Plugo menawarkan berbagai template website responsif yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

  1. Semua Saluran dalam Satu Link

Dengan fitur PlugoLinks, Anda dapat membuat halaman khusus yang berisi tautan penting untuk dibagikan kepada pelanggan dan audiens.

  1. Manajemen Iklan yang Efisien

Plugo memungkinkan Anda menjalankan, mengoptimalkan, dan memonitor kampanye iklan langsung dari dashboard. Anda juga dapat membayarnya dengan PlugoCoins.

  1. Integrasi dengan Marketplace Terbesar

Plugo memiliki fitur omnichannel yang sudah terintegrasi dengan marketplace terbesar di Indonesia, termasuk Tokopedia, Shopee, Lazada, TikTok Shop, dan banyak masih lagi.

  1. Perekaman Proses Transaksi dan Pembayaran

Plugo memudahkan pencatatan penjualan dan menerima pembayaran secara langsung. Anda dapat mengelola transaksi, inventaris, dan pegawai toko dengan mudah melalui sistem point-of-sale.

Dengan Plugo, Anda dapat mengoptimalkan bisnis online, meningkatkan layanan pelanggan, hingga meraih kesuksesan lebih besar. Plugo memberikan kemudahan untuk berjualan di berbagai saluran dan mengelola semuanya dalam satu platform yang efisien.

Sistem omnichannel memang menjadi kunci untuk mencapai lebih banyak pelanggan dengan tingkat kepuasan yang tinggi. Namun, hanya dengan bantuan satu platform saja (Plugo), dapat mengoptimalkan bisnis online Anda dan mencapai kesuksesan yang lebih banyak. Dengan menggunakan platform Plugo secara maksimal, dapat memastikan semua pelanggan memiliki pengalaman yang positif dan konsisten di semua saluran yang Anda tawarkan. Jadi, tunggu apa lagi, percayakan saja kemajuan bisnis Anda dengan memanfaatkan Plugo.

Exit mobile version