Cara Mengatur Suhu AC dan Manfaatnya

ilustrasi

RADARSUMBAR.COM – Cara mengatur suhu AC sebenarnya sangatlah mudah. Air Conditioner (AC) adalah salah satu perangkat elektronik yang dapat menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk dan nyaman.

AC ini telah menggunakan sistem pengatur suhu dengan remote control yang disertakan dalam paket penjualan saat membelinya. Namun untuk bisa mencapai suhu pendinginan yang maksimal, Anda harus bisa memperhatikan beberapa hal, khususnya saat mengatur suhu AC.

Cara Mengatur Suhu AC yang Benar

Agar Anda tidak terlalu kedinginan saat tidur di malam hari. Maka bisa ikuti beberapa langkah mengatur suhu AC di bawah ini agar tidur lebih nyenyak.

1. Menentukan Suhu Standar AC

Cara mengatur suhu AC pertama yaitu menentukan suhu standar yang paling sesuai untuk ruangan Anda. Sesuaikanlah suhu di luar ruangan, biasanya sekitar 22-25 derajat Celcius (°C).

2. Menurunkan Suhu AC secara Bertahap

Apabila Anda merasa suhu AC kurang optimal, maka bisa langsung menurunkan suhu secara bertahap hingga menemukan suhu yang pas. Turunkanlah satu derajat sampai Anda menemukan suhu yang benar-benar tepat.

3. Memastikan AC dalam Mode Pendinginan

Cara mengatur suhu AC selanjutnya, pastikan juga AC dalam mode dingin. Hal ini mode tersebut memungkinkan AC mendinginkan ruangan secara optimal. Umumnya, mode ini yang ditandai dengan adanya simbol “❆”, sehingga bisa lebih cepat mendinginkan suhu ruangan.

4. Mengatur Kecepatan Kipas ke Maksimum

Cara mengatur suhu AC berikutnya yaitu dengan memaksimalkan kecepatan kipas AC. Hanya dengan mengatur kecepatan kipas AC ke level tertinggi, maka udara dingin lebih cepat didistribusikan di dalam ruangan.

Akan tetapi, Anda harus bisa memperhatikan arah arus bolak-balik. Hal ini agar tidak mengenai tubuh yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

5. Menggunakan Mode Ayun di AC

AC indoor unit juga sudah memiliki bagian washer yang berguna untuk mengatur arah angin. Hal ini juga menjadi cara untuk memaksimalkan suhu ruangan menggunakan kisi-kisi AC yang menggunakan mode ayun.

Swing mode juga sebenarnya sangat berguna untuk menggerakkan grill AC naik turun secara konstan. Hal ini tentunya agar angin AC berhembus lebih merata dan cepat mendinginkan suhu ruangan.

6. Jangan Membuat AC Bekerja Lebih Keras

Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pengguna AC adalah memaksa perangkat dengan mengubah suhu kurang ideal dalam kondisi cuaca panas. Contohnya saja, suhu siang hari sangatlah panas sekitar 30 °C, namun AC dipaksakan dengan menyetel suhu 18 °C.

Hal ini hanya akan membuat AC lebih keras, sementara suhu sebenarnya tidak turun serendah itu. Oleh sebab itu, pada cuaca panas, khususnya di siang hari, usahakan tidak mengatur suhu AC di bawah 20°C.

7. Menyalakan AC dengan Suhu Awal

Cara mengatur suhu AC selanjutnya, Anda dapat langsung menyalakan AC dengan suhu awal 28 derajat. Hal ini dilakukan agar suhu tubuh awalnya dapat disesuaikan.

Tubuh nantinya akan terkejut jika Anda menyetel suhu yang terlalu rendah. Apabila suhu 28 derajat tidak dingin atau terlalu panas, maka bisa langsung menyesuaikan suhu AC secara bertahap.

Kemudian, bisa ubah suhu satu per satu untuk membuat tidur lebih nyaman. Tingkatkan suhu bila Anda sudah benar-benar lelah, dengan begitu suhu ruangan akan lebih baik dari sebelumnya.

Manfaat AC yang Perlu Diketahui

Ada beberapa manfaat AC yang perlu Anda ketahui dengan jelas. Berikut ini adalah penjelasan terkait manfaat dari cara mengatur suhu AC, antara lain:

1. Menurunkan Suhu Panas

Heatstroke merupakan salah satu kondisi di mana suhu tubuh Anda akan meningkat drastis akibat adanya paparan panas yang berlebihan. Menggunakan AC ini bisa menjadi solusi untuk dapat menurunkan suhu tubuh serta menstabilkan suhu tubuh.

Suhu tubuh biasanya akan lebih cepat menjadi normal. Hal ini karena udara dingin yang dikeluarkan oleh sistem pendingin udara.

2. Meningkatkan Kualitas Udara

AC ini tentunya memiliki kemampuan menyaring polutan dan bakteri. Kemampuan ini dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Kualitas udara yang baik pasti akan mempercepat serta mencegah masalah pernafasan.

Namun perlu diingat bahwa kondisi seperti ini hanya berlaku bila AC Anda bersih. AC yang kotor ternyata sudah memiliki efek negatif bagi kesehatan oleh karena itu penting sekali mengetahui cara mengatur suhu AC ini.

3. Dapat Mengurangi Asma dan Alergi

Sudah dijelaskan bahwa AC ini tentunya dapat meningkatkan kualitas udara. Kualitas udara yang baik juga bisa menjauhkan Anda dari penyakit asma serta alergi.

Penggunaan AC ini bisa saja menghilangkan polutan dan bakteri. Jadi juga dapat mencegah tumbuhnya jamur dan lumut yang menjadi penyebab asma dan alergi.

4. Unsur Relaksasi

AC yang sejuk memberikan kenyamanan dan mengurangi tingkat stres seseorang. Untuk relaksasi yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan musik klasik dan lilin   aroma terapi yang menyatu dengan angin AC.

5. Meningkatkan Produktivitas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan AC pada ruangan juga akan memberikan kenyamanan bagi seseorang. Dalam kondisi nyaman tersebut, tentunya seseorang cenderung bekerja atau beraktivitas dengan hati dan pikiran jauh lebih nyaman.

Berbeda halnya dalam kondisi panas. Panas juga akan lebih cepat membuat Anda lelah dan stres, sehingga lebih sulit untuk berpikir jernih.

6. Mencegah Detak Jantung Lebih Cepat

Udara yang panas juga dapat mengurangi kekuatan otak, sehingga akan meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Dengan kata lain, cara mengatur suhu AC juga dapat bermanfaat untuk mencegah Anda merasa sedih dan mudah tersinggung.

7. Mengatasi Susah Tidur

Pendingin udara ternyata bisa langsung meningkatkan kualitas tidur. Suhu tubuh yang tinggi biasanya akan membuat sulit untuk tertidur.

Dalam kondisi seperti itu, AC juga bekerja untuk menetralkan suhu tubuh. Akan tetapi, jangan gunakan AC saat suhunya terlalu rendah, karena dapat mengganggu tidur Anda.

8. Menjaga Suhu Ruangan untuk Bayi

Hanya dengan menggunakan AC juga bermanfaat untuk kesehatan bayi. Bayi pasti belum bisa mengatur suhu tubuhnya, di sini tugas AC yaitu menstabilkan suhu tubuhnya.

Selain itu, AC secara alami juga dapat membantu anak tidur lebih nyenyak serta mengurangi risiko dehidrasi. Apalagi adanya serangan panas, dan ruam kulit.

9. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Pemakaian AC sebenarnya juga bisa bermanfaat dalam mengurangi risiko komplikasi penyakit jantung. Hal ini dikarenakan penggunaan AC akan mempengaruhi kebersihan udara dan panas yang berlebihan.

Apabila Anda tinggal di daerah dengan kelembaban tinggi dan suhu panas yang dihasilkan juga tinggi. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi kualitas pernafasan Anda.

Bahkan kondisi tersebut menekan fungsi jantung dan kardiovaskular, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung. Jadi bisa dibilang AC ini sangat memberikan pengaruh yang positif terhadap tubuh manusia.

Namun, perlu diingat jika menggunakan AC harus sesuai dengan suhu tubuh Manusia. Hal ini agar AC tidak memberikan pengaruh yang buruk terhadap tubuh dengan cara mengatur suhu AC.

Exit mobile version