Ditetapkan Level 1 oleh CDC, Warga AS Sudah Boleh Masuk Indonesia

Wisatawan harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak 2 meter (6 kaki) dari orang lain"

Penerapan protokol kesehatan ketat di setiap moda transportasi selama pandemi COVID-19. (ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) menurunkan level COVID-19 untuk Indonesia. Setelah melakukan pengendalian COVID-19 yang baik, CDC berikan Indonesia Level 1 atau “rendah untuk penularan COVID”.

Warga AS kini sudah dapat bepergian ke Indonesia. Meski begitu, melalui situs resmi CDC, mereka sangat merekomendasikan pelaku perjalanan untuk divaksinasi lengkap sebelum bepergian ke Indonesia. “Wisatawan harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak 2 meter (6 kaki) dari orang lain,” tulis CDC.

Selain itu, menurut CDC, pelancong yang sudah divaksinasi lengkap lebih kecil kemungkinannya untuk terpapar atau menyebarkan virus COVID-19. “Namun, perjalanan internasional menimbulkan risiko tambahan, dan bahkan pelancong yang divaksinasi lengkap mungkin berisiko lebih tinggi untuk mendapatkan dan mungkin menyebarkan beberapa varian baru COVID-19,” lanjutnya.

“Jangan bepergian ke luar negeri sampai Anda divaksinasi sepenuhnya. Jika Anda belum sepenuhnya divaksinasi, ada rekomendasi tambahan yang harus diikuti sebelum, selama, dan setelah perjalanan.”

CDC juga menyarankan para wisatawan harus mengikuti persyaratan yang berlaku di negara tujuan, termasuk mengenakan masker, menjalani karantina, tes dan menunjukkan bukti vaksinasi. “Persyaratan mungkin berbeda dengan Amerika Serikat. Jika tak mengikuti persyaratan yang berlaku, mungkin Anda ditolak dan dipulangkan kembali ke AS,” kata mereka. (detik.com)

Exit mobile version