Instalasi Gizi RSUD Achmad Mochtar Terima Sertifikat Halal, Gubernur: Perlu Dicontoh Rumah Sakit Lain

Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (Foto: Dok. Adpim)

Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (Foto: Dok. Adpim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Penyediaan makanan dan minuman pada Instalasi Gizi RSUD Dr. Achmad Mochtar, Sumatera Barat mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Sertifikat halal itu bernomor : ID00410018270650124 yang ditandatangani oleh Kepala BPJPH Kemenag RI, Muhammad Aqil Irham tersebut diterbitkan berdasarkan keputusan penetapan halal produk Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor : MUI-SCI-001634690624 tertanggal 17 Juni 2024.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi di Padang, Kamis menyebut sertifikasi halal tersebut merupakan salah satu upaya RSUD Achmad Mochtar untuk memberikan pelayanan prima pada pasien.

“Sertifikasi halal bukan hanya menjamin semua bahan yang digunakan halal sesuai syariat Islam tetapi proses pembuatannya juga dipastikan bersih dan higienis,” katanya.

Ia mengatakan proses sertifikasi halal yang dilakukan oleh RSUD Dr. Achmad Mochtar, perlu menjadi contoh untuk rumah sakit lain di Sumbar agar ke depan juga bisa mendapatkan sertifikasi yang sama.

Mahyeldi mengatakan sertifikasi halal tersebut juga semakin memperkuat iklim industri halal di Sumbar sesuai harapan dari Wakil Presiden RI.

Sertifikasi itu tidak lagi hanya terbatas pada industri kuliner dan UMKM tetapi juga diperkuat dengan sertifikasi halal di sektor pelayanan kesehatan.

“Sebelumnya pada pertengahan Mei 2024, Sumbar juga telah berhasil meraih juara umum dalam Anugrah Adinata Syariah 2024. Hal itu menunjukkan keseriusan dan komitmen besar Sumbar untuk pengembangan ekonomi syariah dan industri halal,” katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Dr. Achmad Mochtar, Drg. Busril menerangkan sertifikasi halal tersebut tidak hanya untuk bahan makanan dan minuman saja, tapi juga terhadap proses pengolahan dan sistem yang diterapkan di Instalasi Gizi RSUD Dr. Achmad Mochtar.

“Seluruhnya telah kita laksanakan sesuai syariah dan terjamin kehalalannya, mulai dari pemilihan bahan sampai cara pengolahannya,” katanya.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan sebagai bentuk tanggung jawab memberikan pelayanan publik, khususnya instalasi gizi dalam menyediakan makanan yang sehat, higienis dan halal kepada pasien. (rdr/ant)

Exit mobile version