Diyakini Bisa Menetralisir Omicron, Vaksin Merah Putih Diuji Klinis 7 Februari 2022

Ilustrasi vaksin COVID-19. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Vaksin Merah Putih buatan Universitas Airlangga (Unair) akan mulai uji klinis manusia pada 7 Februari 2022 mendatang. Uji klinis fase 1 ini akan dilakukan di RSU dr Soetomo.

“Vaksin Merah Putih dijadwalkan akan memulai penyuntikan pada tanggal 7 Februari 2022,” kata Ketua Tim Uji Klinis, Dr dr Dominicus Husada DTM&H MCTM(TP) SpA(K) saat dihubungi detikJatim, Selasa (25/1/2022).

Dia mengatakan saat ini vaksin merah putih dan kelengkapan administrasinya sudah dipenuhi. Pihaknya juga telah menemui pihak pabrik Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). “Vaksin sudah diproduksi untuk uji klinik dan sudah siap untuk disuntikkan tanggal 7 Februari,” ujarnya. Sebelumnya, vaksin Merah Putih ini disebut bisa menetralisir COVID-19 varian Omicron. Sebab, vaksin dalam negeri ini memiliki empat protein yang bisa menetralisir virus.

Ketua Peneliti Vaksin Merah-Putih di Unair, Prof Dr drh Fedik Abdul Rantam mengatakan 4 protein tersebut yakni spike, Receptor Binding Domain (RBD), nukleoprotein dan membran protein. Semuanya merupakan antibodi yang bisa menetralisir. “Kami masih percaya vaksin yang kita desain bisa menetralisir itu (Omicron). Kenapa merah putih bisa menetralisir ini? Karena ada empat protein. Sehingga kami tidak khawatir dengan Omicron ini,” kata Prof Fedik saat dihubungi detikcom, Selasa (4/1/2022). (detik.com)

Exit mobile version