Usai Mengungsi Pascabanjir, Ratusan Warga Bukittinggi sudah Kembali ke Rumah

Banjir di Bukittinggi. (Antara)

BUKITTINGGI, RADARSUMBAR.COM – Ratusan warga Kota Bukittinggi, Sumatera Barat yang sempat dievakuasi dan mengungsi ke tempat aman saat banjir yang terjadi pada Selasa (1/2/2022), kini sudah kembali ke rumah mereka masing-masing.

Kepala BPBD Kota Bukittinggi Ibentaro Samudera di Bukittinggi, Rabu, mengatakan secara umum kondisi cuaca dan lingkungan warga yang terdampak banjir telah pulih kembali.

“Kondisi hari ini sudah pulih, masyarakat yang mengungsi sejak Selasa malam sudah kembali ke rumah mereka masing-masing,” katanya.

Dia mengatakan masyarakat yang terdampak dibantu petugas dari Damkar dan BPBD, Tagana dan lainnya membersihkan rumah yang terdampak banjir.

“Kami membantu membersihkan sisa material akibat banjir semalam selain rumah warga juga fasilitas umum seperti Mesjid, Mushola dan perkantoran,” katanya.

Banjir di Kota Bukittinggi membuat dampak paling besar di daerah Pulai Anak Air Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. Lebih 200 warga terpaksa mengungsi karena rumah mereka yang digenangi air hingga ketinggian satu meter.

Diketahui beberapa daerah di Kota Wisata mengalami kebanjiran seperti di Anak Air, Jembatan Besi Guguak Panjang, Belakang Balok, Aur Kuning dan Manggis Gantiang.

“Kerugian kita taksir Rp100 juta, masyarakat kita minta untuk tetap berhati-hati dengan kondisi cuaca yang masih dalam suasana musim hujan,” katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir di daerah setinggi 940 mdpl itu, beberapa penyebab banjir disebutkan karena tingginya curah hujan serta tersumbatnya drainase karena air yang melebihi kapasitas. (rdr/ant)

Exit mobile version