Mengerikan, 90 Juta Orang akan Mati dalam Hitungan Jam Jika Perang Nuklir Terjadi

ilustrasi nuklir

INTERNASIONAL, RADARSUMBAR.COM – Sejak Perang Dingin, ancaman perang nuklir habis-habisan terasa seperti serpihan di bawah kulit yang tidak pernah hilang, tapi terkadang mengganggu, menjengkelkan dan menyakitkan.

Setelah invasi Rusia ke Ukraina, percakapan seputar kemungkinan negara adidaya dunia melakukan serangan bolak-balik pemboman nuklir menjadi sangat relevan terjadi, begitu dalam laporan yang ditulis Mashable SE, Sabtu (5/3/2022).

Meskipun kita semua tahu betapa dahsyatnya satu nuklir (bagaimana kita bisa melupakan Hiroshima dan Nagasaki), sebagian besar mungkin masih gagal memahami betapa dahsyatnya jika perang nuklir dimulai.

Universitas Princeton di AS telah memberikan gambaran tentang hasil yang paling mungkin berkat simulasi yang dilakukan oleh program Science and Global Security (SGS) universitas tersebut.

Simulasi yang dilakukan pada tahun 2019 dan berjudul “PLAN A” berusaha untuk memprediksi bagaimana perang akan dimulai, bagaimana dan dari mana nuklir dunia akan dikerahkan, dan seberapa tinggi jumlah korban tewas bisa meningkat saat perang berlangsung.

Simulasi memperkirakan bahwa hanya dalam beberapa jam setelah konflik dimulai, 90 juta orang akan mati, atau setidaknya terluka parah. Ini didasarkan pada peristiwa bahwa satu “tembakan peringatan” dikirim oleh Rusia terhadap pangkalan militer lawan yang dioperasikan oleh pasukan AS-NATO.

Serangan pertama kemudian akan bertindak sebagai domino pertama dalam serangkaian peristiwa yang akan melihat pihak yang bertikai mengerahkan ratusan senjata nuklir dalam upaya untuk mengalahkan satu sama lain, dengan jumlah korban tewas meningkat dengan cepat saat konflik bergerak ke tahap yang berbeda.

Fase pertama akan melihat upaya Rusia untuk menghancurkan pangkalan NATO di seluruh Eropa melalui penggunaan 300 nuklir, sementara NATO akan merespons dengan 180 senjata mereka sendiri, dengan 2,6 juta orang tewas dalam tiga jam pertama.

Fase berikutnya yang disebut “Rencana Counterforce” kemudian akan melihat sebagian besar pasukan militer Eropa dihancurkan, dengan AS kemudian dipaksa untuk mengirim 600 rudal ke Rusia dan menyebabkan sekitar 3,4 juta kematian hanya dalam waktu 45 menit.

Dengan begitu banyak kerusakan yang terjadi, kedua belah pihak kemudian akan memasuki “Rencana Countervalue” dengan tujuan merusak sumber daya masing-masing negara.

Ini kemudian akan melihat 30 kota dan pusat ekonomi terpadat mereka masing-masing terkena lima hingga sepuluh hulu ledak, dengan jumlah kematian selama fase ini terbukti menjadi yang paling menakutkan – 85,3 juta tewas dalam waktu 45 menit.

Simulasi kemudian menunjukkan bahwa masih akan ada sisa nuklir yang tersedia setelah bencana, yang dapat mendorong jumlahnya lebih tinggi. Yang terpenting, simulasi itu bahkan tidak melukiskan gambaran tentang apa yang bisa terjadi di luar negara-negara yang terlibat dalam perang.

Yang berarti bahwa jumlah korban tewas bisa naik jauh lebih tinggi dari perkiraan 90 juta. Meskipun itu semua hanya proyeksi, dan hal-hal dapat terjadi secara berbeda, peristiwa yang ditampilkan dalam “PLAN A” sebenarnya sangat mungkin terjadi, dan mudah-mudahan tidak akan pernah terjadi. (rdr)

Exit mobile version