Kembali Berulah, KKB Papua Pimpinan Kogoya Serang Satgas Cartenz

Ilustrasi kontak tembak. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya kembali berulah dengan melancarkan serangan terhadap Satgas Operasi Damai Cartenz di Kabupaten Nduga, Papua.

Aksi baku tembak jarak dekat terjadi namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. “Penyerangan itu terjadi ketika tiga personel Satgas Operasi Damai Cartenz tengah melakukan pemetaan guna mengetahui keberadaan KKB di sekitar wilayah Kenyam,” ujar Direktur Reskrim Umum (Direskrimum) Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani di Jayapura, Jumat (22/4/2022).

Penyerangan teroris KKB dilaporkan terjadi Kamis (21/4) sekitar pukul 12.53 WIT. Saat itu personel berpapasan dengan sejumlah anggota KKB, lalu aksi baku tembak pun tak terhindarkan.

“Kontak senjata sempat terjadi dalam jarak cukup dekat, yaitu sekitar 20-30 meter. Dari pihak anggota tidak ada korban, sedangkan dari pihak KKB belum diketahui,” ujarnya.

Faizal menyebutkan dari aksi penembakan itu, ada 29 bekas tembakan di mobil yang digunakan personel Operasi Damai Cartenz, termasuk di salah satu ban.

“Syukurnya tidak ada anggota yang terluka. Ya, kalau perkiraan kami anggota KKB yang beraksi kemarin itu berjumlah 20 orang,” jelas Faizal.

Menurutnya anggota KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya itu dalam posisi terjepit. Hal itu terlihat dari upaya mereka melakukan serangan secara sporadis kepada personel keamanan yang jumlahnya sedikit. “Ini menunjukkan mereka panik karena personel minim pun mereka tembaki sebanyak itu,” tandas Faizal. (rdr/detik.com)

Exit mobile version