Banyak Polemik, Plt Dirut PSM Curhat Terkait Permasalahan di Trans Padang

Ada empat unit usaha yang dibawahi oleh Perumda PSM ini, mulai dari Trans Padang, pengelolaan parkir di Mall Pelayanan Publik Pasar Raya Padang, pengelolaan Pantai Air Manis hingga bisnis semen.

Plt Dirut PSM Rico Rahmadian Albert saat diwawancarai awak media.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Rico Rahmadian Albert buka suara pasca penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Padang Sejahtera Mandiri (PSM) per Senin (18/4/2022) lalu.

Dalam kegiatan buka bersama (bukber) dengan awak media pada Kamis (21/4/2022), Rico membeberkan sejumlah kinerja Perumda PSM dan unit usaha yang membawahi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut.

Ada empat unit usaha yang dibawahi oleh Perumda PSM ini, mulai dari Trans Padang, pengelolaan parkir di Mall Pelayanan Publik Pasar Raya Padang, pengelolaan Pantai Air Manis hingga bisnis semen.

Disebut Rico, untuk Trans Padang, kata Rico, saat ini sudah berjalan pada dua jalur, yakni di Koridor 1 (Lubuk Buaya – Pasar Raya) dan Koridor 4 (Teluk Bayur – Anak Air – Lubuk Buaya) dan akan ada tambahan dua koridor lagi.

“Dalam waktu dekat, akan berjalan koridor 5 dan 6 yang punya rute dari Pasar Baru Pauh ke Pasar Raya dan Indarung Pasar Raya, kemudian tahun depan juga akan ada koridor dari Ulak Karang ke Pasar Raya,” katanya.

Untuk pemilihan jalur, katanya, ditentukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang dan semua jalan akan dilalui oleh armada Trans Padang. “Yang kami utamakan saat ini adalah memberikan pelayanan masyarakat, kami tidak mengejar keuntungan,” katanya.

Saat ini, katanya, jumlah armada yang dimiliki oleh Trans Padang koridor 1 berjumlah 25 unit dan 10 unit untuk koridor 2. Pada koridor 5 dan 6, jumlah armada yang disediakan juga masing-masing 10 unit.

“Jumlah armada bisa ditambah sesuai dengan ketentuan dan perkembangan di lapangan nantinya, ditentukan oleh Dishub Kota Padang,” katanya.

Lalu, Pantai Air Manis. Rico mengatakan pihaknya telah meminta bantuan keamanan kepada 10 petugas TNI-Polri dimana termasuk di dalamnya Bhabin Kamtibmas dan Babinsa yang bersiaga selama libur Lebaran 1443 Hijriah.

“Fasilitasnya kami tingkatkan, termasuk nanti juga akan ada Lapau Panjang, dimana para pengunjung bisa berbelanja disana,” katanya.

Juga ada penambahan sumber daya manusia (SDM) yang akan melayani pengunjung supaya tak ada penumpukan kendaraan yang antre di pintu masuk.

Selain itu, dia mengajak wisatawan berkunjung ke Pantai Air Manis yang saat ini sudah menampung hingga 2 ribu pengunjung.

“Untuk kendaraan kami siapkan titik-titik kantong parkir sehingga pada momen lebaran ini kami sudah siapkan beberapa area parkir yang nyaman bagi pengunjung sehingga tidak ada lagi penumpukan apalagi untuk akses keluar masuk di Pantai Air Manis,” katanya. (*)

Exit mobile version