Jembatan Penghubung di Pasa Batu Kambiang Agam Amblas sepanjang 5 Meter, Bahayakan Pengendara

Petugas Satgas BPBD Agam sedang berada di jembatan yang amblas, Kamis (23/6/2022). (Antara/HO-Dok BPBD Agam)

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Satu unit jembatan di Jorong Pasa Batu Kambiang, Nagari Batu Kambiang, Kecamatan Ampeknagari, Kabupaten Agam, Sumatera Barat amblas dampak dari tergerus air sungai Tambuo Hilia Pasa, Rabu (22/6/2022).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito di Lubukbasung, Kamis, mengatakan jembatan itu amblas sepanjang lima meter dan lebar 1,5 meter.

“Jembatan sulit dilewati kendaraan roda empat dan dikhawatirkan bisa menambah amblas,” katanya.

Ia menambahkan, Satgas BPBD Agam bersama Wali Nagari Batu Kambiang telah ke lokasi untuk melihat secara langsung penyebab jembatan itu amblas dan dampaknya.

Satgas juga telah memasang safety line agar pengendara meningkatkan kewaspadaan agar tidak menelan korban jiwa. “Sepanjang jembatan yang amblas telah kita pasang safety line, agar pengendara mengetahui jembatan tersebut dalam kondisi amblas,” katanya.

Ia mengatakan, jembatan itu merupakan jalan kabupaten menghubungkan Kecamatan Lubukbasung menuju Kecamatan Palembayan. Jalan tersebut sering dilalui warga dari Lubukbasung menuju beberapa nagari di Kecamatan Ampeknagari dan Palembayan.

Untuk itu, ia mengimbau pengendara mobil dan truk agar tidak melewati daerah itu, karena berpotensi terban mengingat tanah masih labil. “Jangan lewati jalan itu karena bisa mengakibatkan seluruh jembatan terban dan tidak bisa dilalui,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version