Peringati HUT RI, Lanal Banten Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Selat Sunda

Pengibaran bendera di bawah laut (Foto: dok. Istimewa)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten melakukan pengibaran bendera di perairan Selat Sunda di Pulau Sangiang, Kabupaten Serang.

Pengibaran Merah-Putih dilakukan sebagai bentuk kecintaan pada Tanah Air dan kedaulatan laut. Upacara pengibaran bendera Merah-Putih diawali di atas KRI Siwar di perairan Selat Sunda.

Komandan Lanal Banten Letkol Laut (P) Dedi Komarudin kemudian menyerahkan bendera Merah-Putih pada atlet olahraga selam dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI).

Letkol Dedi mengatakan pengibaran bendera ini bahkan diikuti oleh atlet penyelam berusia 12 tahun. Atlet itu akan dibantu oleh para penyelam andal yang mengibarkan Merah-Putih dalam rangka HUT kemerdekaan ke-77.

“Pengibaran bendera Merah-Putih dilaksanakan oleh generasi muda kita, putra-putri kita, ada atlet usia 12 tahun. Mereka yang mengibarkan,” kata Letkol Dedi, Rabu (17/8/2022).

Pengibaran ini dilakukan di dekat Pulau Sangiang, yang merupakan masuk pada perairan Selat Sunda dan masuk pada teritori perairan Banten. Pengibaran ada di kedalaman 8-10 meter.

Letkol Dedi melanjutkan, dengan menggunakan KRI Siwar, para pasukan Lanal Banten juga memberikan bendera dan membagikan sembako kepada para nelayan yang ada di sekitar perairan Selat Sunda. Kegiatan ini adalah bentuk berbagi dalam rangka memeriahkan kemerdekaan di laut Indonesia.

Selain itu, sebagai bentuk pelestarian perairan, Lanal Banten juga melakukan pelestarian terumbu karang. Pelestarian ini dilakukan dengan penanaman terumbu karang yang akan disebar di perairan Banten oleh anggota TNI.

“Penanaman terumbu karang tidak hanya di sini berhenti (Selat Sunda), di seluruh wilayah spot di Banten dalam rangka pelestarian alam,” pungkasnya. (rdr/detik.com)

Exit mobile version