Raja Malaysia Pilih Anwar Ibrahim jadi Perdana Menteri yang Baru

Anwar Ibrahim di Permatang Pauh, Penang, Malaysia, Sabtu (19/11/2022). (REUTERS/Hasnoor Hussain)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Anwar Ibrahim dilaporkan resmi menjadi perdana menteri (PM) baru Malaysia. Pernyataan resmi dibuat Istana Negara, Kamis (24/11/2022).

Dalam lombar pernyataan yang dilihat CNBC Indonesia, Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah sudah mencapai suara bulat dengan raja-raja Malaysia. Mereka menunjuk Anwar sebagai PM ke-10.

“Seri Paduka Baginda telah memberi perkenan untuk melantik Yang Terhormat Dato’ Seri Anwar Ibrahim, sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia ke 10,” bunyi pernyataan tersebut.

Sebelumnya meski sudah melakukan pemilu sejak Sabtu, PM Malaysia tak kunjung ditentukan. Ini terkait tak ada partai yang memenangkan mayoritas suara parlemen.

Namun partai Anwar Ibrahin, Pakatan mengumpulkan jumlah kursi tertinggi dengan 82. Ini diikuti oleh partai lain, yakni Perikatan (73), Barisan Nasional (30), Gabungan Parti Sarawak (23), Gabungan Rakyat Sabah (enam), Warisan (tiga), Parti Bangsa Malaysia dan Parti Kesejahteraan Demokratik Masyarakat masing-masing satu kursi.

Ada dua suara independen yang lolos. Untuk membentuk pemerintah, partai perlu mayoritas 112 kursi di parlemen dari total 222 kursi yang ada. (rdr/cnbcindonesia.com)

Exit mobile version