Libur Nataru, KAI Sumbar Siapkan 117.360 Tempat Duduk

Hal tersebut disampaikan Arie usai menggelar apel gelar pasukan Nataru 2022-2023 di lapangan KAI Divre II Sumbar, Kamis (22/12/2022).

Apel personel KAI Divre Sumbar

Apel personel KAI Divre Sumbar

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Vice President Divre II KAI Sumbar Mohamad Arie Fathurrochman mengeklaim bahwa pihaknya menyediakan 117.360 tempat duduk bagi wisatawan selama momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Hal tersebut disampaikan Arie usai menggelar apel gelar pasukan Nataru 2022-2023 di lapangan KAI Divre II Sumbar, Kamis (22/12/2022).

“Kami berharap moda transportasi KA selama masa Angkutan Nataru ini dapat berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali,” katanya.

Ia mengatakan, KAI menetapkan masa Angkutan Nataru selama 18 hari dari 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

“Kami telah menyiapkan segala sumber daya mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan untuk dapat melayani penumpang KA secara maksimal”.

“Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama atau prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati,” katanya.

Untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di masa Angkutan Nataru, KAI Divre II Sumbar menyiapkan 14 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan enam petugas daerah rawan.

Total 20 petugas disiagakan di sepanjang lintas KA Sumbar untuk memantau apabila terjadi rintang jalan yang bisa menghambat perjalanan KA.

Selain itu, KAI menyiapkan total 172 petugas pengamanan dari unsur internal dan eksternal, dengan rincian 22 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 102 petugas keamanan dan 48 personel tambahan dari TNI-Polri serta unit K9.

“Petugas pengamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, serta melaksanakan patroli mobile sepanjang lintas jalur KA yang rawan tindakan kejahatan,” katanya.

Di samping itu, sambung Arie, para petugas pengamanan juga tetap akan menegakkan protokol kesehatan (prokes) bagi seluruh pelanggan di stasiun dan selama perjalanan.

“KAI sebagai salah satu moda utama transportasi nasional pada masa libur Natal dan Tahun Baru, berkomitmen memastikan perjalanan menggunakan kereta api berlangsung dengan aman, nyaman, dan penuh kegembiraan,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version