Dua Kelurahan di Padang Dikukuhkan UNESCO Sebagai Tsunami Ready Community

Dua wilayah tersebut ditetapkan sebagai wilayah yang tangguh bencana berdasarkan penilaian UNESCO dan BMKG.

Dua kelurahan di Padang dikukuhkan jadi Tsunami Ready Community.

Dua kelurahan di Padang dikukuhkan jadi Tsunami Ready Community.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kelurahan Purus dan Lolong Belanti, dikukuhkan UNESCO-IOC sebagai Tsunami Ready Community atau Daerah Tangguh Bencana di Kota Padang, Senin (26/12/2022).

Wali Kota Padang, Hendri Septa dalam sambutannya menyampaikan dua wilayah tersebut ditetapkan sebagai wilayah yang tangguh bencana berdasarkan penilaian UNESCO dan BMKG.

Kemudian kata Hendri Septa, pengakuan atau pengukuhan Tsunami Ready Community tersebut diharapkan dapat meminimalisir dampak apabila terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami.

“Kita mendorong kesadaran masyarakat untuk meningkatkan was-was terhadap tsunami. Meningkatkan pengetahuan dan juga kesejahteraan masyarakat melalui wilayah wisata yang aman dan nyaman di kota Padang,” kata Hendri Septa.

Selanjutnya, dia berharap agar masyarakat juga turut menjadi elemen yang bertanggung jawab dalam pengelolaan ini.

Seluruh elemen dilibatkan dalam Tsunami Ready Comunity mulai dari BMKG, BPBD Kota Padang, Satpol PP, TNI, Polri dan berbagai elemen lainnya yang juga akan turut berkolaborasi dalam Tsunami Ready Community tersebut.

“Diberikannya Kota Padang penghargaan ini bukan bermaksud untuk mengembangkan diri tetapi Kota Padang patuh terhadap peraturan apabila bencana itu datang.”

“Semoga kita dijauhkan dari segala bencana yang ada. Pengakuan ini bukan berarti tidak akan terjadi tsunami, tapi dapat dikurangi dampaknya apabila ada kesiapsiagaan yang baik,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) RI, Dwikorita Karnawati, saat menyampaikan sambutannya mengatakan, Kota Padang merupakan satu-satunya Kota yang dipilih memiliki 2 Daerah Tangguh Bencana di Indonesia.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkumpul pada apel Kesiapsiagaan Kota Padang yang sudah bekerja keras dengan cepat,” katanya.

Perlu diketahui bahwa yang terpenting dari tsunami komuniti memang apa yang disebut dengan pengakuan ini adalah sebagai jembatan emas menuju masyarakat yang siap akan bencana.

“Buat pengakuan ini adalah sarana dua mencapai tujuan yakni agar mendapatkan zero victim atau tidak adanya korban apabila terjadi bencana,” ungkapnya.

“Pemerintah sukses dengan rekor tercepat dalam memperoleh Tsunami Ready Community yang menjadi Desa terbaik, tapi sukses yang sesungguhnya adalah jangan sampai satupun orang menjadi korban dalam bencana yang akan terjadi ke depannya,” imbuhnya. (rdr)

Exit mobile version