Dukungan Besar Mengalir untuk Prabowo di Sumbar, Disambut Meriah Massa, Diarak Ribuan Motor

Semua yang baik yang dibuat Presiden Jokowi bagus dilanjutkan atau ditambah

Prabowo Subianto melambaikan tangan kepada pendukung dan simpatisan yang telah menunggu kedatangannya di BIM, Sabtu (9/9/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

Prabowo Subianto melambaikan tangan kepada pendukung dan simpatisan yang telah menunggu kedatangannya di BIM, Sabtu (9/9/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Bakal calon Presiden (Bacapres) Indonesia H Prabowo Subianto menghadiri Konsolidasi Zona III Pemenangan Pileg Partai Bulan Bintang (PBB) dan Pemenangan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI 2024, Sabtu (9/9/2023). Zona tiga terdiri dari Provinsi Sumatra Barat, Sumut, Sumsel, Riau, Jambi, Kepri, Bengkulu, Lampung, Banten dan DKI Jakarta.

Turut hadir Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Sekjen PBB Afriansyah Noor, Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade, Ketua DPW PBB Sumbar Zaldi Heriwan, dan tokoh-tokoh masyarakat Sumbar lainnya. Kedatangan Prabowo ke Sumbar disambut ribuan pendukung dan simpatisannya yang tak surut meski hujan mengguyur BIM saat landing.

Sekjen PBB Afriansyah Noor yang juga penanggung jawab pemenangan Zona III menyebutkan, Yusril ditawarkan kepada Prabowo sebagai calon wakil Presiden. “Saya bersama Pak Yusril sudah menemani Pak Prabowo dalam menerima dukungan ratusan ninik mamak se-Sumbar yang siap memenangkan Pak Prabowo sebagai Presiden,” kata Afriansyah Noor yang juga Wakil Menteri Tenaga Kerja.

Awalnya, dia merasa ketakutan, Prabowo tak hadir. “Tapi yang namanya pemimpin harus hadir. Pemimpin harus amanah. Ciri-ciri yang amanah dan tepat janji ada pada diri Prabowo,” katanya pada acara ketiga PBB setelah zona I di Makassar dan zona II di Surabaya dan selanjutnya zona IV di Papua pada 23 September 2023.

Afriansyah Noor menyebut, konsolidasi itu dilakukan tujuannya untuk memenangkan Prabowo sebagai Presiden dan PBB mendapatkan kursi di DPR RI dengan melewati ambang batas parliamentary threshold (PT). ”Saya dan PBB sangat bangga bisa bekerja sama dengan semua lini di Partai Gerindra. Di Sumbar diberikan support besar dari Andre Rosiade,” katanya.

Afriansyah menyebut, tanda-tanda alam Prabowo Presiden terlihat di Sumbar. Karena tiba-tiba saja saat Prabowo mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) turun hujan. Padahal di lokasi acara tidak hujan. “Ketika Pak Prabowo landing, hujan. Karena di tempat acara tidak hujan. Inilah tanda-tanda kalau Pak Prabowo akan menjadi Presiden,” katanya.

Yusril Ihza Mahendra dalam orasi politiknya mengutip pembukaan Undang Undang Dasar (UUD) 1945. “Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.”

Kata Yusril, dukungan PBB juga teringat dengan buku tafsir Buya HAMKA. “Kita tak pernah mengalahkan Belanda. Belanda dikalahkan Jepang. Kita tak pernah mengalahkan Jepang. Jepang dikalahkan sekutu. Karena itulah, kemerdekaan kita atas berkat Rahmat Allah. Kalau tidak, tak ada kemerdekaan terjadi. Allah tak mengubah nasib suatu kaum kalau kaum itu sendiri tak mengubahnya,” katanya.

Saat ini, sebut Yusril, 80 tahun Indonesia merdeka, tapi masih ada yang belum bisa dilaksanakan. Bahkan ada negara yang merdeka setelah Indonesia tapi sudah melompat selangkah di depan. “Setelah reformasi 1998 harusnya kita bisa melompat ke depan. Sayang pemimpin kita silih berganti dan belum memiliki kemampuan membuatnya seperti tu. Pak Prabowo kami anggap bisa mewujudkannya,” katanya.

Kata Yusril, PBB telah bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Awalnya bersama PKB, dan PBB masuk. “PBB partai Islam modernis. Pikirannya mudah ditebak. Tak berbelit-belit tak berkelok-kelok. Kami berunding, bermusyawarah dan putuskan mendukung Prabowo. Insya Allah PBB tetap konsisten dukung Prabowo. Kami tak berbelit dan bisa jadi teman koalisi yang setia dan dipercaya,” katanya.

Bahkan, secara internal Yusril menegaskan tidak akan ada kader yang berbeda pendapatan. “Kalau ada yang mbalelo, kami beri peringatan keras. Pecat. Kami tak ingin PBB pecah,” katanya.

Soal dicalonkan menjadi Cawapres, Yusril minta diserahkan ke Prabowo. “Kalau iya Alhamdulillah, kalau tidak Alhamdulillah. Kita tetap akan berada di sisi beliau. Kita istiqomah dan konsisten di jalan yang lurus. Kita orang Islam yang di tengah-tengah. Tak ekstrem kiri dan kanan. Setia dengan Islam yang jadi jalan kita bersama. Islam yang lurus,” kata Yusril yang dilanjutkan dengan Komitmen bersama pemenangan Pemilu dan Prabowo dari DPW dan DPC PBB di Zona III.

Prabowo Subianto sangat berterima kasih atas dukungan PBB dan juga masyarakat Sumbar atau Minangkabau. “Kita berkumpul di Kota Padang, ibu kota Sumbar. Saya kenal dekat dengan Prof Yusril yang pernah memegang jabatan kunci di negeri ini. Baik Mensesneg, Menkumham dan lainnya. Sebagai aktor di belakang layar reformasi 1998, tentu sudah memikirkan matang-matang memberikan dukungan kepada saya. Juga ada Sekjen PBB Afriansyah Noor yang juga Wamenaker. Saya dekat dengan PBB. Tokoh-tokoh Masyumi masa lalu. Yang saya anggap sebagai guru pengasuh dan senior. Terima kasih. Bangga. Saudara-saudara masih memberi dukungan dan kepercayaan kepada saya. Untuk saya maju sebagai Presiden 2024,” katanya.

Kata Prabowo, mengabdi pada negara memang kewajiban seorang patriot, seorang yang cinta tanah air yang cinta bangsanya. Yang cinta rakyatnya. Kewajiban seorang patriot adalah berbakti, mengabdi dan berkorban sampai nafas terakhir. Itu dorongan dari dalam. Dorongan kepada banyak tokoh dan patriot yang mereka mungkin tak merasakan Indonesia merdeka.

“Mereka berkorban segala-galanya. Hanya dengan impian dan cita-cita merdeka. Kehendak untuk tidak mau dijajah. Tak mau jadi kacung bangsa-bangsa lain itu ada dalam hati saya, sehingga saya merasa besar dengan dorongan dan kepercayaan tokoh-tokoh besar ini. Banyak yang telah memberikan kepercayaan saya maju Pilpres,” katanya.

Prabowo yakin, dengan keberadaan Yusril, akan dicarikan sistem politik yang tidak mahal yang cocok di Indonesia. Agar ekonomi bisa membaik, gaji baik dan tidak ada lagi korupsi. “Semua yang baik yang dibuat Presiden Jokowi bagus dilanjutkan atau ditambah. Sepert Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, Prakerja dan Program Keluarga Harapan, harus diamankan dan diteruskan,” katanya.

Di akhir pidatonyo, Prabowo menyebut mental harus diperbaiki karena ada tiga macam orang saat ini. Pertama orang yang berbuat, kedua orang yang menonton orang berbuat dan ketiga yang bertanya-tanya saja apa yang sedang dibuat orang lain. “Kita harus bermental nomor satu. Mari kita berkumpul para putra terbaik bangsa yang ingin Indonesia lebih baik lagi,” kata Prabowo.

Disambut Ribuan Orang Diiringi Hujan

Prabowo Subianto mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sabtu sekitar pukul 11.35 WIB. Ribuan orang telah menanti Prabowo di lapangan parkir VIP BIM sejak pagi hari dan sangat antusias ingin bertemu. Hujan yang turun tak menurunkan semangat mereka untuk meneriakkan “Prabowo Presiden!”

Saat turun dari pesawat, Prabowo disambut Sekjen PBB Afriansyah Noor, Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade, Ketua DPW PBB Sumbar Zaldi Heriwan, Anggota DPR RI Suir Syam dan Ade Rezki Pratama, pengurus DPD Gerindra dan PBB Sumbar serta Kabupaten dan Kota se-Sumbar. Tokoh-tokoh masyarakat juga terlihat menyambut dengan senang.

Prabowo, seperti biasa menyapa para pendukungnya saat keluar dari VIP BIM dan menuju mobil tumpangannya. Dari sunroof mobil Toyota Alphard, Prabowo mengeluarkan kepala dan sebagian badannya untuk menyalami para pendukung asal Ranah Minang yang sudah sangat merindukannya. Prabowo terlihat membagi-bagikan baju kaos berwarna krem.

Perlahan, mobil berwarna putih dengan pelat nomor B 108 PAD itu berjalan keluar dari BIM dan diarak oleh seribuan motor pendukungnya. Prabowo sempat keluar dari sunroof mobil dan menyalami pendukungnya yang telah menunggu di luar bandara. Teriakan Prabowo Presiden terus menggema.

“Terima kasih, terima kasih,” kata Prabowo yang terlihat dengan raut wajah senang menemui masyarakat yang sangat loyal memilihnya sejak Pemilu Presiden 2014 dan 2019. Sumbar adalah basis utama atau lumbung suara Prabowo Subianto dan Partai Gerindra.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade mengaku sangat senang dengan kedatangan kedua kalinya Prabowo ke Sumbar pada 2023. “Ribuan orang telah menanti Pak Prabowo dan senang bertemu dengan beliau. Ini adalah bukti kecintaan Pak Prabowo kepada Sumbar yang tak pernah surut,” kata anggota DPR RI asal Sumbar ini.

Dukungan Ninik Mamak Pemangku Adat

100 ninik mamak pemangku adat di Sumatra Barat (Sumbar) menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang. Hal itu dilakukan dalam konsolidasi ninik mamak pemangku adat Sumbar di Pangeran Beach Hotel yang turut disaksikan Ketua Umum PBB Prof Yusril Ihza Mahendra dan Sekjen PBB Afriansyah Noor, Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar dan Ketua DPW PBB Sumbar Zaldi Heriwan.

Ulama besar Sumbar Buya Masoed Abidin juga terlihat di acara. Prabowo diberikan kesempatan berorasi di hadapan datuk-datuk dari 19 Kabupaten dan Kota di Sumbar itu. Masoed Abidin melihat, para ninik mamak pemangku adat yang hadir pada acara itu terlihat begitu serius menyatakan dukungan kepada Prabowo. Mereka mayoritas datang dari nagari-nagari dan dari berbagai suku.

“Menurut pendapat Buya, yang datang dari nagari sudah terseleksi dan sangat loyal. Buya bersua yang dari Talu, dan daerah-daerah lain, mereka serius mendukung Pak Prabowo,” kata mantan Ketua MUI Sumbar ini.

Sekjen PBB Afriansyah Noor mengatakan, dukungan kepada Prabowo Subianto sudah secara resmi diberikan PBB. Saat menggelar acara di Padang, Wakil Menteri Tenaga Kerja yang bergelar Datuk Rajo Basa itu menyebutkan, dukungan dari masyarakat adat juga mengalir. Dan disampaikan dalam acara konsolidasi ninik mamak pemangku adat Sumbar.

Prabowo berterima kasih atas dukungan ninik mamak pemangku adat di Sumbar yang secara langsung diterimanya di Padang. “Saya berterima kasih, bahwa rakyat Minangkabau selalu mendukung saya dari dulu. Bahkan dari pemilihan Presiden yang lewat, di sinilah dukungan saya yang paling besar di Indonesia. Mayoritas di Sumatra,” kata Prabowo.

Mohon Doa Restu

Prabowo meminta doa dan restu tokoh-tokoh masyarakat Sumbar saat berdialog di RM Silungkang Padang. Prabowo mengakui, Sumbar adalah basis utama pendukungnya saat terjun ke dunia politik. Didampingi PBB Afriansyah Noor, dan Ketua Gerindra Sumbar Andre Rosiade, Prabowo berterima kasih atas dukungan masyarakat Sumbar yang tiada henti-hentinya kepadanya. Sambutan meriah diberikan kepada Ketua Umum Partai Gerindra itu.

“Saya datang ke Sumbar kali ini atas undangan PBB yang telah mengendors dan menyuruh saya maju dalam Pilpres 2024. Sebagaimana kita ketahui, setiap lima tahun bangsa kita harus memilih wakil-wakilnya. Setiap anak bangsa ikut bertanggung jawab atas masa depan bangsa itu,” kata Prabowo Subianto usai makan siang bersama bersama puluhan pimpinan ormas, tokoh masyarakat dan akademisi se-Sumbar. (rdr)

Exit mobile version