Ricuh Lagi! Bupati Epyardi Asda Walk Out saat Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Solok

Bupati Solok, Epyardi Asda yang hadir dalam persidangan itu meradang dan terlibat berdebat sengit dengan beberapa anggota dewan saat sidang, bahkan walk out.

Bupati Solok walk out dari sidang DPRD

AROSUKA, RADARSUMBAR.COM – Kericuhan kembali terjadi saat rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok pada Jumat (24/9/2021) pagi. Aksi tersebut viral dan beredar luas di media sosial.

Bupati Solok, Epyardi Asda yang hadir dalam persidangan itu meradang dan terlibat berdebat sengit dengan beberapa anggota dewan saat sidang, bahkan walk out.

Dalam video, perdebatan alot itu membuat Epyardi Asda turun dari bangku pimpinan sidang. Kemudian, melakukan aksi saling tunjuk dengan anggota dewan lainnya yang hadir. Ihwal kericuhan ini bermula saat hujan interupsi terjadi dalam persidangan tersebut.

Interupsi itu datang dari para anggota dewan terkait persoalan legalitas Ketua DPRD Kabupaten Solok, Dodi Hendra sebagai pimpinan sidang. Saat itu pula, Epyardi Asda yang hadir dalam persidangan turut melontarkan interupsi menanggapi persoalan tersebut.

Ketika Epyardi hendak berbicara, interupsi lainnya masuk dari salah satu anggota dewan yang memprotes bahwa Epyardi Asda belum waktunya untuk bicara dalam persidangan itu.

“Ini Bupati main-main ini, apa hak saudara untuk interupsi, saudara belum dipanggil untuk bicara, ini ruangan paripurna, ruangan DPRD,” ujar salah satu anggota dewan.

Protes itu datang dari Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Solok, Dendi. “Saudara jangan nunjuk-nunjuk saya,” ujar anggota dewan yang memakai kemeja hijau itu.

Protes dari Dendi ditanggapi oleh Epyardi Asda sehingga perdebatan terjadi antara mereka berdua. Epyardi sampai turun dari bangku hendak pergi meninggalkan persidangan.

Perdebatan itu pun diakhiri dengan ditundanya persidangan oleh pimpinan sidang. Dari video itu pula, terlihat anggota DPRD lainnya menenangkan situasi. Namun, Epyardi Asda tetap berlalu meninggalkan ruang persidangan.

Ketua DPRD Kabupaten Solok, Dodi Hendra mengungkapkan, kericuhan tersebut terjadi saat sidang paripurna dengan agenda laporan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Solok terhadap hasil pembahasan APBD Perubahan.

Meski begitu, kata Dodi, untuk menghindari kericuhan berlanjut, pihaknya menggelar sidang internal setelah kericuhan itu. “Jadi begini, tadi kan ada usulan dari kawan-kawan beberapa fraksi, yang mengatakan tentang legalitas DPRD, jadi begitu alot perdebatannya sehingga timbul lah pak bupati bersuara,” kata Dodi. (rdr)

Exit mobile version