Survei LSI: Prabowo-Gibran 35,9%, Ganjar-Mahfud 26,1%, AMIN 19,6%

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Instagram @prabowo)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei elektabilitas 3 pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia capres cawapres.

Dikutip dari laman detik.com, survei menunjukkan Prabowo Subianto unggul 35,9% bila dipasangkan dengan Gibran Rakabuming Raka.

Survei dilakukan pada 16-18 Oktober 2023 terhadap 1.229 responden. Survei dilakukan melalui telepon. Target populasi survei WNI berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Survei dilakukan setelah putusan MK soal capres dan cawapres di bawah usia 40 tahun boleh maju asalkan berpengalaman sebagai kepala daerah.

Pemilihan sampel dilakukan melalui random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Survei dilakukan dengan wawancara telepon oleh pewawancara yang terlatih. Tingkat populasi nasional yang bisa dijangkau dengan telepon 83%. Margin of error ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti LSI Djayadi Hanan memaparkan Prabowo unggul 39% bila dipasangkan dengan Erick Thohir. Dia menyebut hasil survei menunjukkan Erick bisa membantu meningkatkan elektabilitas Prabowo 2 sampai 3% bila berhadapan dengan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Cak Imin (AMIN).

“Simulasi ini menunjukkan bahwa ada sedikit keunggulan Erick Thohir yang bisa membantu Prabowo meningkatkan perolehan suaranya sampai dengan 2 sampai 3 % kalau berhadapan dengan Ganjar-Mahfud dan Anies Baswedan-Cak Imin. Sementara kalau Gibran dan Khofifah efeknya lebih rendah dibandingkan dengan Erick Thohir,” kata Djayadi saat pemaparan, Minggu (22/10/2023).

Berikut elektabilitas 3 pasangan capres dan cawapres versi survei LSI pasca-putusan MK:

-Prabowo Subianto-Erick Thohir 39%
-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 19,2%
TT/TJ: 14,7%

-Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 35,9%
-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 26,1%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 19,6%
TT/TJ: 18,3%

-Prabowo Subianto-Khofifah 35,8%
-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 26,7%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 20,6%
TT/TJ: 16,8%. (rdr)

Exit mobile version