Merah Putih Fund, Starup Dalam Negeri yang Diluncurkan Jokowi 17 Desember

Presiden Jokowi. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan meluncurkan Merah Putih Fund pada 17 Desember 2021 mendatang. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

“Di mana tadi disampaikan startup-startup hari ini semuanya asing di investasi karena itu nanti 17 Desember bapak Presiden akan meluncurkan yang namanya Merah Putih Fund, akan diluncurkan tetap punya tiga benang merah,” kata Erick dikutip dalam Youtube ITS, Sabtu (11/12/2021).

Ketiga benang merah yang dimaksud Erick yaitu pendirinya orang Indonesia, lalu beroperasi di Indonesia hingga marketnya di Indonesia. Dia mengakui, sebelumnya banyak yang belum peduli terhadap startup lokal sampai akhirnya harus didanai oleh pihak asing.

“(Benang merah) satu foundernya punya orang Indonesia (penciptanya), kedua beroperasional di Indonesia dan go publiknya di Indonesia. Jadi kita jangan nyalahkan kalo startup-startup kita diinves oleh asing kalau kita marah. Wong kitanya belum peduli saat itu,” ujarnya.

Sekedar informasi, Merah Putih Fund ini adalah perusahaan pendanaan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi unicorn di Indonesia. Peluncuran Merah Putih Fund juga sudah disampaikan Erick sejak November lalu. Nantinya, perusahaan tersebut akan didukung Telkom dan Telkomsel.

“Desember Presiden akan meluncurkan Merah Putih Fund yang didukung Telkom dan Telkomsel untuk mendukung startup Indonesia,” ujar Erick, Sabtu (27/11) lalu. (detik.com)

Exit mobile version