Pemkab Agam Anggarkan Rp340 Juta Bantu Peralatan UMKM

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengalokasikan dana Rp340,1 juta untuk membantu peralatan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu pada 2022, dalam rangka peningkatan dan pengembangan usaha mereka.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Agam, Rivo Rianto di Lubukbasung, Minggu (16/10/2022), mengatakan bantuan itu berupa etalase sebanyak 15 unit, etalase gerobak 47 unit, frizer atau pendingin 14 unit dan lemari es 40 unit.

“Bantuan itu diserahkan kepada pedagang dan penyerahan bakal dilakukan di nagari atau desa adat,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini bantuan tersebut masih dalam proses pengadaan dengan dana Rp340,1 juta dari APBD Agam dan bantuan berasal dari dana pokok-pokok pikiran anggota DPRD Agam atas nama Yopi Eka Anroni, Nesi Hermita dan Suhermi.

Berkemungkinan bantuan itu bakal di serahkan dalam waktu dekat ke pedagang tersebar di Nagari Tiku Lima Jorong, Nagari Tiku Utara, Tiku Selatan, Manggopoh, Kampuang Tangah, Bawan, Ampekkoto Palembayan, Koto Kaciak dan Koto Gadang.

“Penerima bantuan berdasarkan usulan dari ketiga anggota DPRD itu dan dari tiga anggota DPRD itu bermacam speknya bantuannya,” katanya.

Ia menambahkan, bantuan itu bermaksud untuk menyediakan sarana dan prasarana produk bagi pelaku UMKM dalam pengembangan usaha mereka.

Ini dalam rangka untuk meningkatkan dan pengembangan usaha mereka, sehingga kualitas dagangan terjaga.

“Ini tujuan dari bantuan yang diberikan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan pedagang,” katanya.

Pada tahun sebelumnya, tambahnya, Pemkab Agam juga mengalokasikan dana Rp182.655.000 untuk pengadaan etalase sarapan pagi ukuran besar 15 unit, etalase pakaian ukuran besar satu unit, gerobak sate tiga unit, gerobak baso satu unit, etalase sarapan pagi ukuran kecil 24 unit, etalase barang harian 16 unit, etalase kue lima unit dan etalase pakaian kecil tiga unit. (rdr/ant)

Exit mobile version