Pemkab Agam Tegaskan Persedian Bahan Pokok Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

Sekretaris Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam Aguska Dwi Fajra. Dok Antara/Yusrizal

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Dinas Koperasi, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan persediaan bahan kebutuhan pokok di daerah itu aman dan harga masih stabil menjelang natal dan tahun baru.

“Ini berdasarkan pemantauan yang kita lakukan di sejumlah pasar tradisional dan distributor,” kata Sekretaris Dinas Koperasi, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam, Aguska Dwi Fajra di Lubukbasung.

Ia mengatakan Agam merupakan daerah penghasil beras, cabai merah, sayur-sayuran, ikan dan lainnya dan dengan kondisi itu, maka bahan kebutuhan pokok masih tersedia sampai saat ini di pasaran. “Agam juga memiliki cadangan beras di Bulog, apabila terjadi kelangkaan beras, maka langsung berkoordinasi dengan Bulog,” katanya.

Ia menambahkan untuk bahan kebutuhan pabrik berupa minyak goreng, gula, tepung dan lainnya bakal koordinasi dengan Pemprov Sumbar apabila terjadi kelangkaan.

Pemprov Sumbar bakal menurunkan Tokoh Tani Indonesia Center (TTIC) untuk melakukan bazar pasar murah. “Saat ini Agam sedang melakukan bazar pasar murah di 16 kecamatan dengan menyediakan 400 paket untuk menekan laju inflasi,” katanya.

Ia mengakui harga bahan kebutuhan pokok masih stabil di Agam. Untuk harga beras benang pulau seharga Rp14,5 ribu per kilogram, beras sokan Rp14,5 ribu per kilogram, beras Ir 42 Rp14 ribu per kilogram dan gula pasir Rp15 ribu per kilogram.

Sedangkan harga minyak kemasan Rp17 ribu per liter, minyak curah Rp15 ribu per liter, daging ayam broiler Rp62 ribu per ekor, daging ayam kampung Rp65 ribu per ekor, daging sapi Rp140 per kilogram, cabai merah Rp40 ribu per kilogram dan lainnya. (rdr/ant)

Exit mobile version