Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

freepik.com

RADARSUMBAR.COMPafi.ac.id merupakan situs resmi pengurus PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia). Di situs ini bisa menemukan berbagai informasi menarik khususnya seputar kesehatan. Pada kesempatan kali ini pun kita juga akan berbagi informasi tentang kesehatan yang tidak kalah curi perhatian.

Informasi tersebut yakni seputar cara menjaga kesehatan ginjal. Sudah bukan rahasia lagi apabila ginjal merupakan salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu, sudah semestinya menjaga kesehatannya agar bisa berfungsi secara optimal.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Baik Bersama Pafi.ac.id

Mengenai bagaimana caranya, tentu sangatlah beragam. Adapun beberapa cara untuk menjaganya yakni sebagai berikut.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu caranya yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh. Dalam hal ini, perlu membiasakan diri untuk minum air secara cukup. Setidaknya bisa konsumsi air minimal 2 liter setiap harinya.

Jaga Kadar Gula Darah 

Cara lainnya yakni dengan menjaga kadar gula darah. Apabila kadar gula darahnya tinggi, maka bisa meningkatkan risiko diabetes dan penyakit ginjal.

Ginjal memang bisa bekerja dengan baik apabila kadar gula darah di dalam tubuh berada dalam batas normal sekitar 70-100 mg/dL. Saat kadar gula darah melebihi batas normal tersebut, otomatis pembuluh darah maupun filter kecil yang ada di ginjal jadi bermasalah.

Melihat betapa pentingnya kadar gula darah di dalam tubuh, pastikan menjaganya dengan baik. Caranya yaitu rutin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi dan rendah karbohidrat.

Pastikan pula meminimalisir asupan gula. Asupan gula sendiri bisa ditemukan di makanan maupun minuman manis. Bisa berupa permen, cake dan lainnya.

Rutin Olahraga

Cara ini tidak kalah efektif untuk menjaga kesehatan ginjal. Akan tetapi, jangan sembarangan dalam memilih olahraga karena takutnya bisa membebani kinerja ginjal.

Adapun rekomendasi terbaiknya yaitu dengan mencoba olahraga ringan seperti halnya jalan kaki. Lakukan jalan kaki setidaknya 4 kali dalam seminggu. Selain menjaga kesehatan ginjal, kebiasaan baik ini juga mendukung kinerja jantung.

Kurangi Konsumsi Garam 

Ginjal bisa tetap sehat jika mampu mengurangi konsumsi garam. Hal ini bisa dilakukan dengan coba memasak sendiri dan lebih menonjolkan rasa lainnya.

Misalnya dengan menonjolkan rasa manis sehingga hanya membutuhkan sedikit garam. Bisa juga dengan membatasi kebiasaan jajanan snack ringan karena terdapat kandungan tinggi garam.

Berhenti Merokok 

Perokok aktif perlu menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini karena kandungan nikotin maupun zat kimia berbahaya yang ada di rokok bisa mengganggu pembuluh darah.

Kondisi tersebut membuat aliran darah ke ginjal jadi bermasalah. Begitu pula dengan perokok pasif yang juga harus berhati-hati saat berkegiatan di luar rumah.

Lebih baik menggunakan masker agar tidak terpapar asap rokok. Selain mengganggu kesehatan ginjal, asap rokok tersebut juga menyebabkan jantung maupun organ penting lainnya jadi bermasalah.

Tampak jelas bahwa cara menjaga kesehatan ginjal sangatlah beragam dan penting untuk dilakukan. Pastikan menjaganya dengan baik agar ginjal bisa berfungsi secara maksimal.

Jaga Berat Badan 

Jangan sampai kegemukan karena bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal. Oleh karena itu, rutin berolahraga dan perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berat badan yang ideal juga bisa membuat penampilan terlihat lebih good looking.

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan, bisa akses situs resmi pafi.ac.id. Dengan rutin mengaksesnya, maka bisa menambah wawasan seputar dunia kesehatan maupun berbagi informasi ke khalayak ramai.

Exit mobile version