Bagaimana Cara Diliput Media Agar Bisnis Semakin Dikenal? Coba Ikuti Tips Ini

Tidak semua iklan dapat berdampak positif, ada pula yang tidak berimbas apapun karena target yang kurang tepat.

ilustrasi digital marketing. (dok. istimewa)

ilustrasi digital marketing. (dok. istimewa)

LIFESTYLE, RADARSUMBAR.COM – Siapa yang tidak ingin punya bisnis yang semakin dikenal di era digital seperti sekarang? Pasti semua pebisnis ingin usahanya sukses baik secara branding maupun tren penjualan yang meningkat.

Dan untuk mencapai itu, jelas dibutuhkan upaya strategis, salah satunya dengan konsisten beriklan. Namun tidak semua iklan dapat berdampak positif, ada pula yang tidak berimbas apapun karena target yang kurang tepat.

Belum lagi soal banyaknya pesaing dari bidang bisnis serupa yang membuat brand sulit untuk naik dan dikenal. Untuk itu, memilih strategi iklan yang tepat menjadi suatu keharusan yang mesti dipikirkan marketing.

Saat ini ada banyak metode beriklan yang dinilai efektif untuk mendongkrak kesuksesan suatu bisnis, mulai dari iklan media sosial, memasang campaign di TV dan radio, maupun memesan advertorial.

Untuk diketahui, advertorial adalah iklan dalam bentuk pemberitaan media yang umumnya dilakukan pada portal online lokal dan nasional.

Dan cara terakhir yang disebutkan di atas kini menjadi sangat populer karena dinilai lebih hemat dalam pengeluaran anggaran iklan.

Terlebih kolam market media online mainstream sangat beragam, di samping terus meningkatnya pengguna internet di Indonesia.

Maka, tugas marketing, bisa juga dilakukan oleh humas atau public relation sebuah perusahaan untuk mencari, memilih, dan memilah media online mana yang memiliki niche content yang relevan dengan jenis bisnis mereka.

Cara yang dapat ditempuh bisa dengan menghubungi masing-masing media maupun nomor kontak marketing yang biasanya tertera di laman redaksi.

Atau bisa juga memanfaatkan jasa agensi periklanan untuk menghubungkan pebisnis dengan media secara serentak dalam jumlah pemesanan advertorial yang banyak.

Namun, bagi yang belum berpengalaman melakukan kontak media pasti akan bingung harus menyampaikan materi apa dalam beriklan.

Tenang saja, biasanya marketing media tersebut akan menerima konsultasi Anda terkait bahan promosi yang pas untuk mengenalkan bisnis Anda kepada khalayak sebelum ditayangkan.

Terkait teknisnya, silakan baca tips berikut, yakni cara diliput media sehingga bisnis berpotensi untuk mendulang sukses secara branding maupun penjualan.

Cara diliput media

Untuk penjelasannya akan dicontoh lebih ringkas sehingga mudah dipahami, mulai dari cara diliput media televisi, radio, sampai media online.

Cara diliput media televisi

Untuk masuk ke media seperti televisi (tv) terbilang cukup susah. Apalagi pada tv yang memiliki coverage area berskala nasional. Tentu ada banyak kriteria yang harus diperhatikan, mulai dari jenis bisnis, kualitas produksi konten, hingga pengurusan izin ke lembaga sensor yang mengkaji hasil video apakah layak tayang atau tidak.

Namun, jika semua kriteria tersebut dapat dipenuhi oleh pengiklan, maka hanya tinggal mengurus administrasinya saja sampai iklan tersebut benar-benar ditayangkan.

Akan tetapi, iklan di tv tak harus dalam bentuk commercial break, alias jeda iklan yang diputar berulang-ulang. Tetapi bisa juga dalam bentuk liputan redaksional, seperti mengundang jurnalis untuk membuat konten peliputan ke lokasi bisnis Anda.

Adapun cara diliput media televisi adalah dengan menghubungi marketing media tersebut, atau mendatangi kantor operasionalnya, baik pusat maupun cabang.

Cara diliput media radio

Meski dinilai mulai banyak ditinggalkan, faktanya industri penyiaran radio masih bisa dikategorikan sebagai wadah periklanan yang efektif selagi jenis bisnis yang diiklankan relevan dengan pendengar radio tersebut.

Dan lagi, radio yang sifatnya lebih condong pada localize content akan lebih cocok untuk mengenalkan bisnis yang sifatnya berada di daerah dan berjenis spesifik, misalnya produk UMKM, layanan jasa, hingga mengajak pendengar untuk datang ke lokasi bisnis yang diiklankan.

Cara diliput media radio juga relatif gampang, yakni dengan menghubungi marketingnya, meski terkadang sulit menemukan kontak resminya karena kurangnya literasi digital dari perusahaan radio di daerah saat ini.

Cara diliput media online

Dan cara ketiga terbilang jauh lebih mudah, yakni diliput media online yang sudah disediakan milyaran situs dari seluruh dunia.

Akan tetapi, pastikan untuk memilih situs yang memiliki reputasi baik, seperti banyaknya trafik, otoritas domain yang tinggi, hingga kekuatan pendukung lainnya mulai dari media sosial sampai platform di luar layanan website itu sendiri, sebut saja salah satunya kanal YouTube milik media tersebut.

Dan cara diliput media online jauh lebih mudah pula dilakukan dibanding dua jenis media sebelumnya. Pasalnya, saat ini ada banyak jasa yang bisa menghubungkan pebisnis dengan beragam portal online hanya dalam satu platform yang sama, salah satunya Publikasimedia.

Dari platform itu, pengguna bisa mencari banyak media sekaligus dari  daftar domain yang telah bekerja sama. Kemudian, pengguna bisa memilih untuk memesan penayangan konten promosi dalam format berita pada situs yang dikehendaki.

Dengan begitu, bisnis dapat diliput media adalah sebuah keniscayaan. Karena masifnya metode promosi seiring perkembangan dunia bisnis saat ini membuat peluang usaha semakin dikenal di era digital menjadi lebih mudah.

Jadi, kini sudah tahu kan, bagaimana cara diliput media? Jawabannya tergantung kebutuhan bisnis Anda. Karena masing-masing metode yang telah disebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. (rdr)

Exit mobile version