Autis Sejak Kecil, Ivan Fadhillah Berhasil Jadi Sarjana Lewat Jalur Normal

Ivan Fadhillah yang mengambil jurusan Sistem Informasi ini berhasil lulus dengan IPK 3.18 dengan predikat sangat memuaskan.

Ivan Fadhillah didampingi ayah dan ibu saat wisuda ke-51 STTIND Padang di Pangeran Beach Hotel, Rabu.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Seorang mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTIND) Padang menjadi sorotan saat helatan wisuda ke-51 kampus tersebut di Pangeran Beach Hotel, Rabu (15/6/2022).

Dia adalah Ivan Fadhillah. Seorang lulusan dengan kondisi autism behaviour atau gangguan perkembangan otak yang memengaruhi kemampuan seseorang dalam berkomunikasi, bersosialisasi, berperilaku dan belajar.

Joni Rusjan, ayah Ivan mengatakan, kondisi tersebut dialami Ivan sejak masa kanak-kanak dan berlangsung sepanjang hidupnya. Tapi beruntung, sejak kecil Ivan adalah anak yang pantang menyerah dan tak mau menyerah dengan kondisinya.

“Dia tak peduli dengan kondisinya, bahkan dia terus berusaha untuk menjadi normal. Sejak SD hingga SMA dan masuk kuliah, Ivan memilih untuk kuliah di jalur normal, bukan masuk ke sekolah disabilitas,” jelas Joni Rusjan yang merupakan Wakil Bendahara DPD Gerindra Sumbar.

Bahkan, Joni Rusjan mengaku bangga sekali anaknya bisa wisuda dan nanti bisa bekerja sesuai harapan. “Saya sebagai bapak, sangat bersyukur. Semoga Ivan bisa berguna untuk negara, agama dan kedua orang tuanya,” ujar Joni yang pernah jadi Juara Lari 10 Km beberapa tahun lalu ini.

Ivan Fadhillah yang mengambil jurusan Sistem Informasi ini berhasil lulus dengan IPK 3.18 dengan predikat sangat memuaskan. “Ini adalah usaha keras dia untuk bisa menjadi yang terbaik meskipun punya keterbatasan,” papar pria yang akrab disapa Om Jon ini.

Ketua STTIND, Riko Ervil mengatakan, wisuda yang ke-51 yang digelar kali ini diikuti sebanyak 78 wisudawan dan wisudawati yang terdiri dari 10 orang dari Prodi Teknik Lingkungan, lima orang dari Prodik Teknik Informasi, enam orang dari Teknik Industri dan 57 orang dari Teknik Pertambangan.

“Semoga para wisudawan dan wisudawati yang telah di wisuda hari ini bisa meningkatkan lagi ilmunya melalui pekerjaan. Ilmu yang dicari selama ini di kampus sudah bisa digunakan di tempat kerja masing-masing nanti. Selamat dan sukses,” tutup Riko. (rdr-007)

Exit mobile version