Nutrisi untuk Kecerdasan Anak, dan Tips Membuat Mereka Semakin Kreatif

Foto: Pixabay.com

RADARSUMBAR.COM – Nutrisi untuk kecerdasan anak tentu menjadi hal yang wajib Bunda perhatikan. Terlebih di masa emas pertumbuhan buah hati tercinta. Pasalnya, asupan yang masuk ke sistem pencernaan berperan penting dalam mendukung kinerja sel-sel otak mereka.

Kekurangan nutrisi baik dapat memperlambat kemampuan berpikir, serta membuat Anak mudah lemah lesu. Sehingga semangat belajar menjadi turun dan aktivitas eksplor hal-hal baru pun ikut terhambat.

Ini Dia Nutrisi untuk Kecerdasan Anak dan Tips Mendidik Mereka agar Semakin Aktif dan Kreatif!

Semua orang tua tentu ingin memiliki buah hati yang cerdas, aktif, cepat tanggap, dan kreatif. Meski begitu, tak banyak dari mereka yang memahami cara tepat untuk mewujudkannya. Terkadang malah memaksa anak masuk sekolah dengan jam belajar relatif tinggi.

Padahal, mengajari anak dengan unsur paksaan justru berisiko membuat mereka semakin malas dan tertekan. Apalagi merusak momen-momen bermainnya dengan proses belajar yang belum sesuai usia. Karena itu, Bunda sebaiknya memahami tips tepat untuk membuat anak semakin cerdas berikut ini.

  1. Dampingi Anak Saat Bermain

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa proses bermain bisa meningkatkan kegembiraan dan rasa ingin tahu pada anak-anak. Karena itu, pastikan bunda memberikan mainan-mainan yang dapat merangsang dan melatih kemampuan kognitif mereka. Seperti bermain bola, menyusun lego, atau melakukan permainan di alam bebas.

Mendampingi anak ketika bermain juga penting untuk Bunda lakukan sehari-hari. Sehingga perkembangan serta kemampuan mereka dalam mengeksplor rasa ingin tahunya, bisa Bunda pahami dengan baik.

Selain itu, jangan biasakan anak menonton TV terlalu lama atau bermain ponsel. Kebiasaan buruk tersebut bisa membuat anak menjadi malas belajar. Apalagi kebiasaan memegang gadget bisa semakin sulit diatasi.

  1. Membacakan Buku atau Dongeng Bergambar

Kebiasaan membaca buku sangat baik untuk bunda terapkan sejak anak masih kecil. Pilih buku-buku bacaan yang memiliki isi warna-warni dengan perpaduan gambar menarik. Sehingga bunda bisa sekaligus mengenalkan hal-hal baru kepada mereka melalui visual. Seperti dongeng-dongeng hewan dan masih banyak lagi.

  1. Selalu Ajak Anak untuk Berdiskusi

Mengajak anak untuk berdiskusi dan rutin melakukan komunikasi, juga bisa membuat mereka semakin cerdas. Bunda akan lebih banyak tahu tentang hal-hal yang mereka rasakan, inginkan dan butuhkan. Anak yang jarang diajak berkomunikasi bisa menjadi pribadi yang tertutup, dan cenderung tidak percaya diri berada di lingkungan masyarakat.

  1. Mengenalkan Musik Sejak Anak Kecil

Terkadang ada anak yang rasa ingin tahunya semakin besar ketika mendengarkan musik. Selain itu, kemampuan respon tubuhnya juga bisa bunda ketahui melalui alunan musik. Anak yang aktif dan merasa senang ketika mendengarkan alunan tersebut akan berjoget dengan ceria.

Bahkan, beberapa ahli juga menganjurkan kepada para orang tua, untuk sering mendengarkan melodi-melodi singkat kepada janin di dalam kandungan.

  1. Penuhi Nutrisi untuk Kecerdasan Anak

Hal paling utama dalam mewujudkan kecerdasan anak adalah segi asupan nutrisi. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, nutrisi untuk kecerdasan anak memberi pengaruh besar pada kemampuan berpikir mereka.

Kekurangan nutrisi membuatnya mudah lemas dan lesu. Maka tak heran jika semangat belajarnya pun menjadi berkurang. Nutrisi untuk meningkatkan kecerdasan anak bisa dimulai ketika mereka lahir, dengan memberi ASI eksklusif hingga usia 2 tahun.

Setelah mengalami pertumbuhan, kebutuhan nutrisi anak bisa bunda ganti dengan berbagai jenis makanan bergizi. Seperti sayuran berwarna, buah-buahan, salmon, telur, dan kacang-kacangan. Pemenuhan nutrisi untuk kecerdasan anak ini juga memberi pengaruh baik pada sistem kekebalan tubuh mereka. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat!

Exit mobile version