Wajib Tahu! Ini Tanda Tubuh Dehidrasi saat Puasa

Salah satunya yaitu memperhatikan cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi ketika sedang puasa.

ilustrasi dehidrasi. (Dok. Istimewa)

ilustrasi dehidrasi. (Dok. Istimewa)

HEALTH, RADARSUMBAR.COM – Begini tanda tubuhmu dehidrasi ketika berpuasa, perlu diperhatikan. Selama menjalankan ibadah puasa penting untuk memperhatikan kesehatan tubuh biar puasa lebih aman.

Salah satunya yaitu memperhatikan cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi ketika sedang puasa. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan banyak air dan juga mineral esensial seperti natrium, kalium dan magnesium.

Maka, penting mengetahui tanda-tanda tubuh jika mengalami dehidrasi ketika berpuasa. Dilansir melalui Live Science pada Senin, 27 Maret 2023, berikut tanda-tanda tubuh mengalami dehidrasi.

1. Mulut kering dan tenggorokan yang gatal
Hal tersebut terjadi karena jumlah air dalam tubuh yang menurun, maka perlu mengkonsumsi air putih secara cukup ketika sahut dan juga berbuka. Minumlah air sebanyak 8 gelas yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam dan 2 gelas ketika sahur.

2. Pusing dan sakit kepala
Penipisan cairan dalam tubuh juga menyebabkan peregangan saluran darah di otak sehingga menimbulkan sakit kepal. Untuk mencegah hal ini, minumlah air putih atau minuman yang mengandung elektrolit secara cukup.

3. Kulit kering
Dehidrasi juga bisa dilihat dari kulit yang kering dan bersisik, hal ini terjadi karena kurangnya air yang masuk ke dalam tubuh sehingga sel-sel kulit kekurangan cairan.

4. Urine berwarna gelap
Tanda lainnya yaitu dari urine, urine gelap menandakan bahwa tubuh kekurangan air, hal ini terjadi ketika tubuh menyimpang lebih banyak air dan tidak mengeluarkannya ke dalam urine.

5. Jantung berdebar
Sensasi berdebar atau detak jantung tidak beraturan juga salah satu tanda kamu kekurangan cairan.

Itulah tanda bahwa tubuhmu kurang cairan atau dehidrasi, hal ini perlu diperhatikan apalagi ketika menjalankan puasa. (rdr)

Exit mobile version