Timor Leste Jadi Negara dengan Orang Terpendek di Dunia, Indonesia Peringkat 11

Daftar ini menampilkan banyak negara di Asia dengan beberapa dari Asia Tenggara khususnya memiliki tinggi tubuh yang lebih rendah dibandingkan yang lain.

ilustrasi orang pendek. (dok. istimewa)

ilustrasi orang pendek. (dok. istimewa)

LIFESTYLE, RADARSUMBAR.COM – Menurut daftar peringkat negara-negara terpendek yang dibuat oleh Insider, penduduk Timor Leste termasuk dalam kelompok paling pendek di dunia.

Daftar ini dibuat berdasarkan informasi yang diperoleh dari basis data tahun 2020 yang dikelola oleh NCD Risk Factor Collaboration, sebuah proyek yang terkait dengan Imperial College London dengan angka terpisah yang disediakan untuk tinggi badan pria dan wanita dari setiap negara.

Berdasarkan data tersebut, akhirnya teridentifikasi 25 negara dengan populasi terpendek di dunia dengan angka terpisah berdasarkan jenis kelamin.

Tidak mengherankan, daftar ini menampilkan banyak negara di Asia dengan beberapa dari Asia Tenggara khususnya memiliki tinggi tubuh yang lebih rendah dibandingkan yang lain.

Misalnya, Timor Leste dianggap sebagai negara dengan populasi terpendek secara keseluruhan, dengan tinggi rata-rata penduduk Timor Leste mencapai 155,47 sentimeter (Pria: 159,79 sentimeter/Wanita: 151,15 sentimeter).

Laos menempati posisi kedua dengan tinggi rata-rata 155,89 sentimeter (Pria: 160,51 sentimeter/Wanita: 151,26 sentimeter).

Filipina yang berada di peringkat ketiga memiliki tinggi rata-rata 156,41 sentimeter (Pria: 163,22 sentimeter/Wanita: 149,6 sentimeter).

Negara-negara Asia Tenggara lainnya yang masuk dalam daftar ini termasuk Indonesia (peringkat ke-11), Vietnam (peringkat ke-15), Brunei (peringkat ke-21), dan Myanmar (peringkat ke-22). Berita baik bagi warga Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Menurut Insider, terdapat selisih 20 sentimeter antara tinggi rata-rata anak-anak di negara-negara terpendek dan tertinggi, dengan penyebabnya adalah perbedaan kualitas diet antara negara-negara tersebut. (rdr/mashable)

Exit mobile version