Kini Pengunjung Twitter Tak Bisa Melihat Konten Tanpa Login

Twitter kini memaksa pengunjung untuk masuk ke akun mereka agar bisa melihat konten.

Ilustrasi Twitter. (net)

Ilustrasi Twitter. (net)

TEKNO, RADARSUMBAR.COM – Cobalah buka Twitter tanpa masuk (login) ke akun Anda. Cukup buka situs di mana saja. Cobalah membuka twit favorit Anda atau melihat profil kreator favorit Anda melalui peramban web di desktop atau perangkat seluler Anda.

Twitter kini memaksa pengunjung untuk masuk ke akun mereka agar bisa melihat konten. Twitter sekarang juga telah mulai mengunci pengunjung dari platform, kecuali mereka sudah masuk ke akun mereka.

Mengunjungi halaman Twitter apa pun selain beranda tanpa masuk akan secara otomatis mengarahkan pengguna ke halaman di mana mereka dapat masuk atau membuat akun di platform tersebut. Pengunjung tidak dapat melihat konten pengguna tanpa masuk.

Perubahan tak terduga dari Twitter mulai diterapkan pada hari Jumat kemarin. Belum ada pengumuman resmi dari perusahaan ini. Pengguna mulai menemukan perubahan ini sendiri ketika mencoba melihat twit atau profil tanpa masuk ke akun mereka.

Pemilik Twitter, Elon Musk, sebelumnya telah menyatakan ketidaksetujuannya terhadap perusahaan kecerdasan buatan (AI) seperti OpenAI yang menggunakan data Twitter untuk melatih model bahasa mereka.

Bahkan, pada bulan Desember, segera setelah mengakuisisi Twitter, Musk memutuskan akses OpenAI ke data platform tersebut karena dia merasa perusahaan AI tersebut tidak membayar cukup.

Namun, sejak itu, OpenAI telah meluncurkan plugin untuk chatbot AI ChatGPT yang populer yang memungkinkan pengguna mengambil informasi dari situs web mana pun, termasuk Twitter.

Musk telah mengekspresikan ketidakpuasan terhadap hal ini dua kali bulan ini, tampaknya tidak menyadari bahwa data Twitter bisa diambil dari situs web-nya.

“Ini sangat mengkhawatirkan,” dia berkicau dalam balasan kepada pengguna Twitter yang menjelaskan cara menggunakan plugin web scraping dengan ChatGPT.

Namun, ada penjelasan lain juga. Pada tahun 2015, Twitter mengungkapkan dalam sebuah posting blog bahwa “500 juta orang” mengunjungi Twitter setiap bulan tanpa masuk ke akun.

Itu adalah banyak pengguna potensial yang tidak memberikan data mereka kepada Twitter untuk dimonetisasi oleh perusahaan. Bahkan, jumlah itu lebih tinggi daripada jumlah pengguna aktif bulanan Twitter.

Twitter terus mengalami pertumbuhan pengguna yang stagnan, kehilangan pengguna berpengaruh, dan pendapatan iklan yang menurun sejak Musk mengambil alih platform tersebut.

Memaksa ratusan juta pengunjung untuk mendaftar memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk menggembungkan angka tersebut dan menawarkan pangsa pengguna yang lebih besar kepada pengiklan potensial.

Namun, ada beberapa kekurangan besar dalam keputusan Twitter untuk memblokir akses ke platform kecuali pengguna masuk ke akun mereka. Masalah utama yang akan dihadapi Twitter adalah bahwa mesin pencari, seperti Google, akan kesulitan mengindeks dan menempatkan peringkat konten di platform tersebut.
Ini berarti ketika pengguna mencari di Google, profil pengguna dan twit mungkin tidak muncul. Ini kemungkinan akan menyebabkan kehilangan banyak lalu lintas bagi Twitter.

Tidak ada jaminan bahwa pengunjung akan mendaftar ke Twitter dan menjadi pengguna setelah melihat tampilan tersebut. Setelah para pengunjung menyadari bahwa mereka tidak dapat mengakses konten, mereka mungkin akan menghindari konten dan tautan Twitter sama sekali.

Selain itu, ada alasan yang baik bagi pengunjung untuk melakukan scraping Twitter juga. Para peneliti telah berbagi bagaimana pembatasan Twitter yang baru ini akan menghambat karya mereka di bidang intelijen sumber terbuka (OSINT), studi ujaran kebencian, dan disinformasi.

Keseluruhan langkah memaksa login ini sangat bertentangan dengan cara Twitter seharusnya berfungsi dan gagasan bahwa Twitter bisa menjadi “alun-alun publik” untuk informasi.

Namun, ini bukan kali pertama Twitter membuat platformnya kurang dapat diakses sejak diakuisisi oleh Musk. Tahun ini, Twitter memblokir aplikasi klien pihak ketiga dari platformnya, menutup aplikasi-aplikasi tersebut secara permanen.

Pada bulan April, Twitter mulai mensyaratkan pengunjung untuk login ke akun jika mereka ingin menggunakan fungsi pencarian di platform tersebut. Pada hari Kamis, Mashable melaporkan tentang penurunan fungsi API Twitter.

Itu terjadi setelah berbicara dengan banyak pengembang yang tidak lagi dapat mengakses fungsi-fungsi tertentu di platform tersebut dan terpaksa menutup aplikasi mereka setelah bertahun-tahun beroperasi. (rdr)

Exit mobile version