Wajib Tahu! Ini Dia 10 Tanaman yang Bisa Jadi Penyerap Polusi

bunga peace lily. (dok. istimewa)

bunga peace lily. (dok. istimewa)

LIFESTYLE, RADARSUMBAR.COM – Di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern, menciptakan suasana yang nyaman dan sejuk di dalam rumah adalah hal yang tak ternilai harganya. Salah satu cara unik untuk mewujudkan atmosfer yang lebih sehat adalah dengan memanfaatkan tanaman hias.

Selain berguna sebagai dekorasi, beberapa tanaman ternyata memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap polusi lho. Plus, membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Dilansir dari Traveloka.com, berikut terdapat sejumlah tanaman penyerap polusi yang bisa dimanfaatkan.

1. Karet Kebo
Ciri khas tanaman menyerap polusi udara ini terletak pada keunikan bentuknya, yang mana punya batang menjualang tinggi dan daun-daun lebar. Di samping mampu membersihkan udara, tanaman menyerap polusi ini juga bermanfaat untuk kesehatan tertentu. Contohnya, daunnya bisa digunakan sebagai bahan obat stroke. Wah, keren banget!

2. Tumbuhan Ivy
Salah satu tanaman penyerap polusi yang bisa kamu pelihara adalah tumbuhan Ivy. Di samping kecantikannya, tanaman ini juga berguna menyegarkan udara sekitar.

Tumbuhan yang memiliki sebutan ilmiah hedera helix ini bekerja dengan cara memompa oksigen yang melimpah ke lingkungan sekitar sehingga menghasilkan udara segar.

3. Bunga Lady’s Mantle
Bunga lady’s mantle adalah tanaman anti polusi berdaun lembut. Tumbuhan cantik ini menjadi alternatif tepat menciptakan udara segar di lingkungan sekitar, karena sanggup mengurangi kadar nitrogen dioksida.

4. Peace Lily
Seperti namanya yang cantik, peace lily memiliki bentuk indah dan bisa menjadi tanaman menyerap polusi di rumah kamu. Pesona peace lily memberikan suasana yang nyaman dan alami di setiap sudut ruangan. Tak hanya itu, tumbuhan hias ini juga bisa menjadi penangkal jamur di ruangan. Pas banget ditaruh di kamar mandi untuk menangkal jamur-jamur nakal!

5. Lidah Mertua
Selanjutnya ada lidah mertua sebagai alternatif tanaman anti polusi udara. Tanaman anti polusi ini memiliki nama ilmiah sansevieria dan menjadi tumbuhan yang mampu menyerap berbagai racun penyebab kanker, seperti CO2, benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene. Cocok banget diletakkan di luar maupun dalam ruangan nih!

6. Dracaena
Selain elok, Dracaena juga merupakan tanaman menyerap polusi yang cocok diletakkan di dalam ruangan. Dengan sentuhan keindahannya, tumbuhan ini mampu menghilangkan racun-racun berbahaya yang dapat membuat kesehatan terganggu, seperti formaldehida, benzena, trichloroethylene, dan CO2. Wajib punya nih!

7. Pakis Boston
Berikutnya ada Pakis Boston yang menjadi rekomendasi tanaman anti polusi. Tak hanya mampu hasilkan udara segar dan sehat, tumbuhan ini juga bagus bagi yang punya kulit atau tenggorokan sensitif terhadap udara lembap. Plus, kamu juga bisa merasakan efek tenang dan damai ketika di sekitar tanaman ini lho!

8. Lidah Buaya
Siapa sih yang tak kenal dengan lidah buaya? Secara umum, tanaman ini terkenal dengan manfaatnya sebagai perawatan rambut dan wajah. Namun, apakah kamu tahu, kalau lidah buaya bisa dijadikan sebagai tanaman menyerap polusi juga?

Merawat keindahan pohon penghilang polusi ini ternyata mudah dilakukan. Sebab, lidah buaya tak memerlukan banyak pasokan air dan sinar matahari. Bagi kamu yang ingin mempercantik ruangan sekaligus menyerap racun di udara, tanaman ini akan menjadi pilihan yang sempurna lho!

9. Suplir
Suplir atau adiantum peruvianum atau bahasa sehari-harinya tanaman paku adalah tanaman menyerap polusi yang bisa mudah kamu rawat di lingkungan rumah. Selain cantik dijadikan penghias, suplir juga punya kemampuan unik mengisap zat polusi. Dengan begitu, udara jadi lebih segar dan adem.

Jika kamu berniat merawatnya, pohon menyerap polusi ini harus rajin-rajin dikeluarkan dari ruangan setiap tiga hari agar tetap mendapatkan sinar matahari. Oh iya, tanaman ini juga membutuhkan tanah gembur yang banyak nutrisi, terutama nitrogen agar tumbuh subur!

10. Spider Plant
Bila kamu ingin memelihara tanaman menyerap polusi, coba deh spider plant. Tanaman hias ini merupakan antioksidan alami yang mampu menghilangkan berbagai racun secara efektif. Mulai dari ammonia, benzena, formaldehida, hingga xilena.

Selain itu, pohon menyerap polusi ini juga sangat mudah pemeliharaannya karena dapat diletakkan di dalam ruangan. Dengan begitu, atmosfer udara sekitar bisa menjadi berkualitas dan sehat deh!

Nah, itu tadi beberapa jenis tanaman anti polusi yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipelihara di rumah. Memang tak dapat dimungkiri, kehadiran tanaman hias dalam ruangan tidak hanya memberikan estetika cantik, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan signifikan. (rdr)

Exit mobile version