Begini Tips Memulai Usaha Warung Kopi dan Perhitungan Modalnya

Menurut riset jumlah kedai kopi di Indonesia meningkat drastis hingga tiga kali lipat dari 1.038 gerai pada 2016, menjadi lebih dari 2.937 gerai pada 2019. Dan pada 2022, angka tersebut terus bertambah.

ilustrasi kedai kopi. (dok. pixabay)

ilustrasi kedai kopi. (dok. pixabay)

LIFESTYLE, RADARSUMBAR.COM – Siapa yang tak kenal minuman satu ini? Kopi menjadi minuman yang paling ampuh untuk menunda rasa kantuk. Selain itu, rasanya yang khas menjadi pemikat tersendiri. Gak heran banyak sekali para penikmatnya!

Bisnis warung kopi atau coffee shop memang naik daun beberapa tahun belakangan. Menurut riset jumlah kedai kopi di Indonesia meningkat drastis hingga tiga kali lipat dari 1.038 gerai pada 2016, menjadi lebih dari 2.937 gerai pada 2019. Dan pada 2022, angka tersebut terus bertambah.

Apalagi, kini warung kopi nggak cuma didominasi oleh orang tua atau pekerja kantoran. Anak-anak muda penikmat kopi kini mulai bermunculan. Bukan hal yang mengherankan pula kalau sekarang anak-anak muda nongkrongnya di coffee shop.

Hal ini menjadikan kopi tidak hanya sebagai sebuah minuman semata, tetapi juga menjadi bagian budaya dan gaya hidup. Layaknya makanan, ada yang bilang “bukan makan untuk makan, tetapi hidup untuk makan.” Mungkin beberapa tahun kedepan ungkapan tersebut juga berlaku untuk kopi, karena sudah menjadi gaya hidup.

Bagi kamu yang menggandrungi dunia perbisnisan atau bagi yang ingin membuka bisnis perkopian, barangkali cukup penasaran dengan cara memulai bisnisnya. Nah, kamu berada pada laman yang tepat!

Artikel ini akan menguak apa saja keuntungan bisnis warung kopi, beberapa tips memulai usaha warung kopi, dan bagaimana perhitungan modalnya. Disimak, ya!

Belakangan geliat bisnis warung kopi di Indonesia kian pesat. Hampir setiap kota mempunyai sederet warung kopi. Usaha warung kopi memang terlihat menggiurkan karena target pasarnya cenderung general dan banyak. Hal ni lah yang membuat pangsa pasar bisnis warung kopi luas dan cukup kuat.

Keberadaan warung kopi ini sejalan dengan salah satu karakter masyarakat Indonesia, yaitu “nongkrong”. Warkop atau warung kopi menjadi banyak pilihan berkumpul bagi orang-orang. Terlebih berbagai menu dan sajian kopi kini semakin berkembang, dan membawa daya tarik tersendiri, khususnya bagi anak-anak muda.

‍Tempat strategis untuk usaha warung kopi akan berpengaruh pada keberlanjutan usaha kedepannya. Pastikan kamu memilih lokasi yang cukup strategis. Biasanya tempat-tempat strategis yang banyak dilalui, akan membuat orang-orang aware dan sadar akan keberadaan tokomu.

Bila kamu memilih lokasi yang strategis akan lebih mudah membuat orang-orang tertarik dan mampir ke coffee shop milikmu. Dari itu, penting untuk mengamati terlebih dahulu lokasi yang sekiranya pas sebelum memulai usaha warung kopi.

‍Selain cita rasa menu yang ditawarkan, keunikan konsep coffee shop juga menjadi salah satu daya tarik yang membuat pelanggan akan kemabali lagi ke toko. Pastikan pula konsep yang kamu pilih membuat pelanggan betah berlama-lama di dalamnya.

Perizinan menjadi salah satu hal yang selalu penting, karena ini menyangkut kredibilitas serta kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu. Dari itu, ada baiknya kamu mengetahui syarat-syarat yang diperlukan untuk mendapatkan izin usaha secara resmi.

Untuk usaha berupa restoran, kedai kopi, atau cafe, izin usaha yang perlu dikantongi adalah Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau TDUP. Hal ini dapat diurus menggunakan metode OSS atau Online Single Submission.

Kemudian, Menentukan modal usaha menjadi faktor penting saat perencanaan bisnis. Tidak dipungkiri, banyak sekali calon pebisnis yang gagal mewujudkan mimpinya untuk membangun bisni karena terbentur modal. Penting sekali untuk menentukan modal usaha yang ideal.

Jangan sampai modalnya terlalu memaksakan ataupun terlalu merampingkan. Modal yang tetalu besar dan terlalu jauh dari jangkauan bisa menjadi pemicu gagalnya usaha, usahamu bisa jadi tertunda karena terlalu banyak kekurangan modal. Dalam kata lain, gagal dalam bertindak.

Sebaiknya, tentukan konsep usaha yang disesuaikan dengan kemampuan modal yang dimiliki. Hal ini dapat mengantisipasi gap yang terlalu jauh antara modal yang kamu butuhkan dan modal yang tersedia.

Kamu tak harus langsung membuat coffee shop yang luas dan aesthetic seperti di kota-kota besar. Tak ada salahnya memulainya dengan merintis warung kopi sederhana, tetapi pastinya tetap memberikan kamu keuntungan. Kamu bisa pelajari cara memulai bisnis coffee shop pertamamu di kelas ini!

Tentunya ini menjadi modal dasar bila hendak memulai bisnis. Jika memiliki deposito atau aset lain berupa simpanan, kamu sangat bisa menggunakannya untuk modal awal. Orang terdekat cenderung akan memberikan support atas apa yang hendak kamu usahakan. Terlebih untuk hal-hal positif.

Menggalang dana dari orang terdekat bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan modal tambahan dalam memulai bisnis. Keluarga dan teman dekat bisa menjadi investor bisnis yang potensial. Jangan lupa jelaskan secara rinci bagaimana perencanaanmu agar mereka juga paham akan arah gerak bisnisnya.

Nah, bila kamu sudah punya gambaran modal, jangan lupa terus tingkatkan wawasan seputar bisnis dengan mengikuti course atau workshop. Selain meningkatkan pengetahuan seputar bisnis, mengikuti kelas bisa menambah insight dan bikin rencana bisnis kamu makin tertata.

Merangkum semuanya, kunci dalam memulai bisnis coffee shop adalah dengan membuat konsep bisnis semenarik mungkin dan jangan melupakan hal-hal yang bersifat teknis seperti pemilihan lokasi, perizinan, hingga perhitungan modal awal. Yuk, mulai bisnis kedai kopi pertamamu! (rdr/kuncie)

Exit mobile version