Tujuh Kota Terdingin di Indonesia Ini Bisa Jadi Pilihan Liburan Nih!

Beberapa kota di Indonesia memiliki suhu udara dan atmosfer yang jauh lebih dingin dan sejuk dibandingkan kota-kota di Indonesia pada umumnya.

Curug jenggala di Baturaden. (dok. istimewa)

Curug jenggala di Baturaden. (dok. istimewa)

TRAVEL, RADARSUMBAR.COM – Sebagai negara tropis, Indonesia tidak memiliki musim dingin dan memiliki suhu rata-rata yang relatif hangat sepanjang tahun, tapi ada beberapa kota terdingin dan sejuk yang bisa menjadi acuan untuk liburan weekend ini.

Namun, karena faktor geografis, beberapa kota di Indonesia memiliki suhu udara dan atmosfer yang jauh lebih dingin dan sejuk dibandingkan kota-kota di Indonesia pada umumnya.

Jika Anda menginginkan suasana baru untuk menyejukkan pikiran, kota-kota terdingin di Indonesia ini bisa jadi alternatif destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Tertarik untuk merasakan atmosfer berbeda saat momen liburanmu selanjutnya? Yuk, jelajahi kota-kota terdingin di Indonesia dan intip pesona wisata yang ditawarkannya!

Berikut rekomendasi tujuh destinasi kota terdingin di Indonesia dilansir dari laman Traveloka:

1. Batu, Jawa Timur

Salah satu destinasi kota terdingin di Indonesia yang cukup populer adalah Kota Batu yang berada di provinsi Jawa Timur. Kota terdingin di Indonesia satu ini berada di ketinggian 700 hingga 1.700 mdpl dan memiliki rata-rata suhu 12 hingga 19 derajat celcius sehingga atmosfer di kota ini terasa jauh lebih menyejukkan dari kota-kota umumnya di Indonesia.

Kota terdingin di Indonesia ini sendiri memang telah menjadi salah satu tujuan wisata bahkan sejak era pemerintahan Hindia Belanda, bahkan sempat dijuluki oleh sebagai ‘de Kleine Zwitserland’ atau ‘Swiss Kecil’ oleh orang-orang Belanda kala itu. Kini, berbagai destinasi wisata populer yang bisa Anda kunjungi saat berada di kota terdingin di Indonesia satu ini adalah Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular, hingga Jatim Park.

2. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

Untuk Anda yang menginginkan rekomendasi kota terdingin di Indonesia yang berjarak tak terlalu jauh dari Jakarta, Bandung bisa menjadi salah satu solusinya, khususnya di kawasan Ciwidey.

Kawasan Ciwidey berada di ketinggian 1.200 mdpl sehingga memiliki atmosfer udara yang sangat menyejukkan. Rata-rata suhu udara di kawasan kota terdingin di Indonesia satu ini bisa mencapai 13 derajat Celcius.

Selain atmosfer yang menyejukkan, kota terdingin di Indonesia ini juga terkenal akan pemandangan alamnya yang mempesona. Beberapa wisata alam yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke kota ini antara lain Kawah Putih yang populer, Situ Patenggang, Kawah Rengganis, Perkebunan Teh Rancabali, Pemandian Air Panas Cimanggu, Ranca Upas dan masih berbagai wisata lainnya.

3. Berastagi, Sumatera Utara

Destinasi kota terdingin di Indonesia selanjutnya adalah Berastagi di Provinsi Sumatera Utara. Kota terdingin di Indonesia ini terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung serta berada di ketinggian 1,300 mdpl.

Kondisi geografis Berastagi yang terletak di daerah Pegunungan Barisan, membuat suhu tahunan rata-rata kota terdingin di Indonesia satu ini mencapai 18 °C (64 °F) dengan suhu terdingin bisa juga mencapai 9 °C saat memasuki musim hujan.

Kota ini memiliki ekonomi yang berpusat pada perdagangan buah dan sayuran serta industri pariwisata. JIka Anda berkunjung ke kota ini, beberapa objek wisata yang bisa dijelajahi antara lain Puncak Tangke Tebu Berastagi, Bukit Gundaling, Taman Alam Lumbini, hingga Museum Pusaka Karo.

4. Mamasa, Sulawesi Barat

Mamasa merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat dan merupakan salah satu kota atau kabupaten di Sulawesi Barat yang tak memiliki garis pantai sama sekali. Berada di kawasan dataran tinggi dengan ketinggian bervariasi mulai dari 600 hingga 2000 mdpl, salah satu kota terdingin di Indonesia ini memiliki hawa sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat celcius.

Kota ini menjadi destinasi pariwisata utama di Provinsi Sulawesi Barat dengan berbagai objek wisata populer seperti wisata budaya kuburan ‘Tedong-tedong’ di Kecamatan Balla, wisata alam air terjun ‘Sarambu’, pemandian air panas di ‘Desa Rambusaratu’, wisata alam air terjun Sambabo, agro wisata perkebunan markisa, perkampungan tradisional ‘Desa Ballapeu’, dan masih banyak daya tarik wisata budaya dan alam lainnya.

5. Gayo Lues, Aceh

Gayo Lues yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Tenggara di Provinsi Aceh adalah destinasi kota terdingin di Indonesia lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Kota terdingin di Indonesia ini berada di ketinggian 1,000 mdpl sehingga memiliki atmosfer udara yang sejuk. Kota terdingin di Indonesia satu ini menjadi salah satu gerbang untuk pendakian Gunung Leuser.

Selain itu, beberapa objek wisata lainnya yang bisa dijelajahi saat berada di kota ini antara lain pemandian air panas di Puri Betung, Air terjun Akang Siwah di Kecamatan Blang Pegayon, Air terjun Rerebe di Kecamatan Tripe Jaya, hingga Kampung Inggris di Agusen.

6. Baturaden, Jawa Tengah

Rekomendasi kota terdingin di Indonesia selanjutnya adalah Banyumas di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di kecamatan Baturaden.

Berjarak sekitar 7,5 Km dari Kota Purwokerto, kota ini berada di ketinggian 300 hingga 3428 mdpl dengan titik tertinggi di Puncak Gunung Slamet sehingga membuat Baturaden cukup populer akan atmosfer udaranya yang sangat sejuk.

Kota terdingin di Indonesia ini terletak di lereng selatan Gunung Slamet dan merupakan kawasan wisata yang cukup populer bagi masyarakat di Jawa Tengah dan sekitarnya dengan pemandangan alam nan asri sebagai daya tarik utamanya.

Sebut saja Curug Telu, Curug Bidadari, Curug Jenggala, Curug Bayan, Lokawisata Baturaden, Telaga Sunyi, Pancuran Pitu dan Pancuran Telu, hingga Kebun Raya Baturaden adalah beberapa destinasi wisata menarik untuk dikunjungi saat berada di kota ini.

7. Kota Mulia, Papua Tengah

Menyebrang ke provinsi Papua Tengah, Anda bisa mengunjungi Kota Mulia, sebuah distrik yang juga merupakan pusat pemerintahan atau ibu kota dari Kabupaten Puncak Jaya.

Kota Mulia berada di ketinggian 2.448 mdpl dan merupakan satu-satunya kota daerah berpenghuni di pegunungan Jaya Wijaya atau Puncak Jaya serta kerap disebut sebagai kota terdingin di Indonesia dengan suhu udara bisa mencapai hanya 9 derajat Celcius.

Bahkan, pada saat-saat tertentu kota ini bisa mencapai titik beku, lho! Jika Anda ingin merasakan atmosfer bak berada di musim dingin luar negeri, berkunjung ke kota ini bisa jadi salah satu alternatif menarik.

Itulah berbagai destinasi kota terdingin di Indonesia yang tentu menawarkan atmosfer berbeda yang cocok untuk disambangi jika Anda ingin mencari suasana baru yang sejuk dan menyegarkan. (rdr)

Exit mobile version