Simak! Ini 7 Tips Tinggalkan Rumah saat Liburan Tahun Baru

Seringkali kekhawatiran tentang keamanan rumah yang ditinggalkan dapat mengganggu kenikmatan liburan.

ilustrasi rumah ditinggal. (dok. istimewa)

ilustrasi rumah ditinggal. (dok. istimewa)

LIFESTYLE, RADARSUMBAR.COM – Liburan adalah waktu yang dinantikan untuk bersantai dan menikmati momen istimewa bersama keluarga atau teman.

Namun, seringkali kekhawatiran tentang keamanan rumah yang ditinggalkan dapat mengganggu kenikmatan liburan.

Untuk itu, penting untuk mengambil langkah pencegahan yang tepat agar rumah tetap aman selama ditinggal pergi.

Berikut tips aman yang bisa diterapkan saat meninggalkan rumah untuk liburan tanpa khawatir seperti dilansir dari detikcom, Sabtu (30/12/2023).

1. Pastikan Cabut Kabel Elektronik
Hal pertama yang bisa dilakukan sebelum meninggalkan rumah untuk liburan ialah memastikan untuk mencabut peralatan elektronik yang tidak digunakan. Mencabut colokan listrik dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik.

Kamu bisa mencabut peralatan listrik seperti kipas angin, kabel rol, AC, televisi, wifi dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan juga mencabut regulator gas dan air agar terhindar dari kebocoran dan ledakan.

2. Nyalakan Lampu Penerangan Seperlunya
Tips selanjutnya menyalakan lampu penerangan seperlunya, seperti di teras, bagian tengah rumah, dan bagian belakang rumah. Hal ini dilakukan untuk dapat mencegah risiko kemalingan karena lampu yang menyala dapat mengindikasikan ada orang di dalam rumah.

3. Isi Token Listrik atau Bayar Tagihan Listrik
Meskipun alat elektronik banyak tidak digunakan saat liburan, kamu tetap perlu untuk mengisi token atau bayar tagihan listrik terlebih dahulu sebelum pergi liburan. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemadaman listrik.

4. Pasang Sistem Keamanan
Selain memperhatikan alat elektronik, kamu juga bisa mempertimbangkan memasang sistem keamanan ketika meninggalkan rumah untuk liburan. Seperti kamera pengawas atau sistem alarm.

Sistem keamanan ini diperlukan untuk memberikan perlindungan tambahan dan meningkatkan kewaspadaan. Jika ada sesuatu yang mencurigakan di rumah, kamu bisa langsung melaporkan perusahaan keamanan atau pihak berwenang agar segera dilakukan pengecekan atau tindakan.

5. Pastikan Pintu atau Pagar Terkunci
Setelah semua kondisi rumah aman, langkah terakhir yang bisa dilakukan sebelum benar-benar meninggalkan rumah ialah memastikan pintu, jendela, hingga pagar tertutup dan terkunci dengan baik.

Termasuk juga garasi dan pintu belakang yang mungkin terlupakan. Periksa kunci jendela dan pastikan tidak ada yang rusak. Jangan lupa untuk menutup gorden rumah agar isi rumah tidak terlihat dari luar.

6. Hentikan Pengiriman Paket
Pengiriman paket saat sedang tidak ada orang di rumah sangat berisiko hilangnya paket pesanan kita. Untuk itu, kamu bisa menunda atau menghentikan mengirim paket selama bepergian liburan atau bisa menitipkannya pada tetangga.

7. Titipkan pada Tetangga dan Lapor ke RT Setempat
Setelah memastikan seluruh rumah aman dan terkunci, kamu bisa segera memberitahukan tetangga terdekat jika kamu dan keluarga akan pergi liburan. Selain tetangga, kamu juga bisa melapor ke RT setempat atau satpam kompleks agar mereka dapat memperketat keamanan kompleks perumahan.

(rdr/dtk)

Exit mobile version