Pemain Ini Berpotensi Batal Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Pildun Lawan Vietnam

Sebelumnya, kekuatan timnas Indonesia untuk melawan Vietnam sudah berkurang dengan absennya Shayne Pattynama.

Marc Klok dan Shayne Pattynama sama-sama absen bela Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di Kualifikasi Pildun 2026. (dok. PSSI)

Marc Klok dan Shayne Pattynama sama-sama absen bela Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di Kualifikasi Pildun 2026. (dok. PSSI)

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Timnas Indonesia akan melawan Vietnam sebanyak dua kali pada ajang putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Jelang pertandingan itu, kekuatan Timnas kemungkinan besar akan berkurang untuk melawan Vietnam.

Sebelumnya, kekuatan Indonesia untuk melawan Vietnam sudah berkurang dengan absennya Shayne Pattynama. Pemain berposisi bek kiri itu tidak dipanggil pelatih Shin Tae-yong, untuk melawan Vietnam.

Shayne Pattynama mengalami cedera sebelum pertandingan KAS Eupen lawan Anderlecht pada lanjutan Liga Belgia 2023/2024, Senin (4/3/2024) dini hari WIB. Pengumuman tersebut disampaikan dalam laman resmi klub pada Jumat (1/3/2024).

Shayne Pattynama mengalami cedera sejak Senin. Melihat Shayne Pattynama cedera, Shin Tae-yong tidak memanggil pemain keturunan Belanda-Indonesia itu. “Shayne Pattynama cedera pada hari Senin dan tidak akan bisa bermain,” tulis pernyataan resmi KAS Eupen.

Usai Shayne Pattynama, kemungkinan besar ada satu pemain naturalisasi lagi yang bisa batal membela Timnas melawan Vietnam. Pemain tersebut adalah kapten Persib Bandung, Marc Klok.

Ada dua pemain Persib yang dipanggil Shin Tae-yong ke timnas Indonesia untuk melawan Vietnam. Mereka adalah Marc Klok dan Edo Febriansah. Untuk Edo Febriansah, Persib rela melepas pemain berposisi bek kanan itu ke timnas Indonesia.

Pasalnya, kondisi Edo Febriansah siap tempur dan tidak mengalami cedera. Namun untuk Marc Klok, pelatih Persib, Bojan Hodak, ragu untuk melepas mantan pemain Persija Jakarta itu ke timnas Indonesia. Pasalnya, Marc Klok mengalami cedera.

“Marc Klok dalam kondisi yang sulit untuk dilepas ke timnas Indonesia karena cedera yang ia alami,” kata Bojan Hodak. Kami harus melihatnya dan melakukan MRI bersama dokter karena dia selalu menggunakan obat penahan sakit,” lanjutnya.

Untuk Edo, Bojan Hodak dengan senang hati melepasnya ke timnas Indonesia. Menurutnya, ini momen yang pas untuk Edo Febriansah kembali dipanggil Shin Tae-yong ke timnas Indonesia. “Edo tidak ada masalah,” kata Bojan Hodak.

Dengan absennya Marc Klok tentu saja harus membuat Shin Tae-yong berpikir ulang terkait taktik dan strategi. Meski begitu, masih ada Ivar Jenner, Justin Hubner dan Jordi Amatyang bisa menggantikan peran Marc Klok sebagai gelandang bertahan.

Timnas Indonesia akan melawan Vietnam pada laga ketiga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024). Kemudian, bertandang ke kandang Vietnam pada laga keempat di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

Shin Tae-yong sudah memanggil 28 pemain untuk berlatih jelang melawan Vietnam. Dari 28 nama itu, Shin Tae-yong hanya akan mendaftarkan 23 pemain untuk melawan The Golden Stars. (rdr/bsp)

Exit mobile version