Pesantren Ramadan 1445 Hijriah di Padang Diikuti 80.372 Pelajar

Pesantren Ramadhan tahun ini ditutup dengan i'tikaf bersama di masjid dan musala.

Kegiatan Pesantren Ramadan secara resmi dibuka Wali Kota Padang, Hendri Septa. Kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 14 Maret hingga 5 April 2024. (Foto: Dok. Prokopim)

Kegiatan Pesantren Ramadan secara resmi dibuka Wali Kota Padang, Hendri Septa. Kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 14 Maret hingga 5 April 2024. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Padang resmi meluncurkan kegiatan Pesantren Ramadan 1445 Hijriah, Jumat (1/3/2024) pagi secara simbolis di Masjid Nurul Iman.

Sebanyak 80.372 pelajar dari kelas 4-6 SD/MI hingga tingkat Madrasah akan mengikuti kegiatan yang tersebar di 1.800 Masjid dan Musala di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

“Pesantren Ramadhan tahun ini ditutup dengan i’tikaf bersama di masjid dan musala. Program pesantren Ramadhan tahun ini menekankan pada kompetensi dasar keagamaan dan kompetensi khusus generasi muda yang berakhlak,” kata Wali Kota Padang, Hendri Septa.

Melalui Pesantren Ramadan, kata Hendri Septa, diharapkan dapat membangun pemahaman dan penerapan nilai agama dan nilai budaya sesuai dengan falsafah kehidupan di Minangkabau, yakni Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Kami mengharapkan dukungan dan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat, terutama para orang tua untuk menyukseskan pembangunan di sektor pendidikan, khususnya melalui Pesantren Ramadan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Padang, Jasman mengatakan, tema kegiatan yang diusung tahun ini yakni ‘Melalui Pesantren Ramadan Wasilah Melahirkan Kepemimpinan Islami pada Generasi Muda di Kota Padang’.

“Peserta yang mengikuti Pesantren Ramadan yaitu tingkat SD/MI kelas 4 sampai kelas 6, kemudian siswa SMP/MTs dan tingkat MA, yang melibatkan sebanyak 80.372 pelajar dan 1.800 masjid/musala,” imbuh eks Camat Padang Selatan dan Pauh tersebut. (rdr)

Exit mobile version