SDQu Ar Risalah Gelar Wisuda Tahfizh VIII dan Pelepasan Generasi 6

Sebanyak 230 wisudawan, 77 diantaranya kelas 6 mengikuti acara bertema “Mewujudkan Insan yang Qurani dan Berakhlaqul Qarimah.”

Wisuda Tahfizh VIII dan Pelepasan Generasi 6, Sabtu (3/6/2023) di GOR Ar Risalah, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Kototangah, Padang. (Dok. Istimewa)

Wisuda Tahfizh VIII dan Pelepasan Generasi 6, Sabtu (3/6/2023) di GOR Ar Risalah, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Kototangah, Padang. (Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sekolah Dasar Quran (SDQu) Perguruan Islam Ar Risalah menggelar Wisuda Tahfizh VIII dan Pelepasan Generasi 6, Sabtu (3/6/2023) di GOR Ar Risalah, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Kototangah, Padang.

Sebanyak 230 wisudawan, 77 diantaranya kelas 6 mengikuti acara bertema “Mewujudkan Insan yang Qurani dan Berakhlaqul Qarimah.”

Ketua Panitia Wisuda Meri Oktavia menyebutkan, seluruh yang diwisuda sudah menyelesaikan kompre tahfiz. Sebanyak 230 wisudawan terdiri dari siswa kelas 2 sampai 6. Semoga yang diwisuda mempertahankan hafalan dan mencapai impian 30 juz.

“Kalau hari ini memberikan mahkota sebagai simbolis kepada orang tua, semoga di akhirat bisa memberikan mahkota kemuliaan,” katanya.

Kadis Pendidikan Kota Padang Yopi Krislopa mengatakan, Pemko Padang mengapresiasi wisuda ini karena sejalan dengan program Pemko Padang, yaitu siswa SD dan SMP harus menghafal Quran. Artinya, SDQu Ar Risalah sudah menjalankan program dengan baik.

“Kemarin SMP 1.000 siswa dari 40 sekolah di Padang menggelar acara yang sama. Sementara di SD Ar Risalah saja sudah 230 orang.

Program Wako Padang hari ini, siswa SD wajib hafal juz 30. Kami juga akan menggelar wisuda akbar tahfizh SD dan SMP se-Kota Padang,” katanya.

Kadis menyebut, Pemko Padang mengapresiasi siswa dengan hafalan 1-20 juz. Bagaimana menjadikan Padang sebagai kota tahfizh.

“Apalagi Padang daerah rawan bencana. Semoga dengan semakin banyaknya hafizh, bisa menghindarkan kita dari bencana.”

“Dengan doa anak Saleh, akan bermanfaat bagi orang tua. Juga bermanfaat bagi pemerintah. Semoga akan terus ada sekolah yang menggalakkan tahfizh. Kami siap bekerja sama baik tingkat TK, SD dan SMP,” katanya.

Kepala SDQu Marjoni mengakui, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tiga tahun belakangan, SDQu Ar Risalah hanya mewisuda anak kelas 6 saja akibat kondisi pandemi Covid-19.

“Karena sejak 2018, kita melakukan wisuda dari kelas 1 sampai 6. Tapi karena tidak stabil, tiga tahun belakangan wisuda hanya untuk kelas 6 saja. Alhamdulillah hari ini kita mencoba kembali melaksanakan wisuda dari 2 sampai 6,” katanya.

Kata Marjoni, perjuangan panjang dari siswa sampai titik wisuda patut diapresiasi. Seperti perjuangan dalam mengikuti kompre hafalan. “Alhamdulillah ada yang 1 juz sampai 7 juz. Meski ada yang sampai 18 juz, tapi dari anaknya mau wisuda 7 juz saja.”

“Tapi sudah hafal 18 juz. Namun semua bukan selesai di sekolah saja. Tapi juga lingkungan dan keluarga. Tiga inilah yang membentuk anak-anak. Kalau kurang satu, tidak akan tercipta pendidikan yang baik,” katanya.

Pimpinan Perguruan Ar Risalah Donis Satria menyebutkan, Ar Risalah akan terus mengembangkan sistem Pendidikan Islami berbasis Al Quran.

“Hari ini SDQu melepas 77 siswa kelas 6 dan mewisuda tahfizh sebanyak 230 siswa. Alhamdulillah telah sukses dilaksanakannya wisuda tahfizh SD Qur’an Ar Risalah serta pelepasan siswa SDQu Generasi ke 6,” katanya.

Para wisudawan mendapat pengalungan medali dari Ustazah Wiwi Marwati, Wakil Kurikulum dan pemberian piagam wisuda tahfizh oleh Ustaz Marjoni, kepala sekolah dan Ustaz Dilmayoni, koordinator tahfizh.

Suasana mendadak haru dan penuh tangis ketika para wisudawan memasangkan mahkota kepada para orang tua mereka yang hadir. Wisudawan terbaik serta hafalan terbanyak yang diberikan penghargaan oleh Ustaz Donis Satria dan Ustadz Mulyadi Muslim. (rdr)

Exit mobile version