UNP Buka Sejumlah Program Studi Baru di Tahun Ajaran 2024

Universitas Negeri Padang di tahun 2024 secara resmi membuka dua prodi baru, yaitu Prodi S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran.

Universitas Negeri Padang.

Universitas Negeri Padang.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatra Barat, berencana membuka sejumlah Program Studi (Prodi) baru, pada tahun ajaran 2024.

“Universitas Negeri Padang di tahun 2024 secara resmi membuka dua prodi baru, yaitu Prodi S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran,” kata Rektor UNP Prof. Ganefri di Padang, Jumat.

Selain itu lanjut Ganefri, UNP juga akan membuka Program Studi S2 Psikologi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Selain itu sejumlah kerjasama dalam dan luar negeri pun telah dijalin oleh UNP pada tahun 2024.

“Kami bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terkait Prodi baru, Investasi kampus, dan meningkatkan kualitas SDM,” jelasnya.

Ia menambahkan, UNP juga jajaki kerjasama dengan Swinburne University of Technology di Australia, dan meningkatkan kerjasama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM).

Selanjutnya, UNP juga menjajaki kerjasama dengan National University of Singapore (NUS). dan untuk Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) UNP tandatangani Nota Kesepahaman dengan Aston Hotel Tanjung Pinang .

“Sebagai Perguruan Tinggi yang terakreditasi unggulan, UNP terus berkomitmen untuk menjadi World Class University (WCU), dengan memberikan pendidikan yang berkualitas dan memajukan bidang pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.

Ganefri melanjutkan, UNP juga melakukan pembinaan terhadap Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dari PTN Satker menuju BLU.

Kemudian, UNP juga menandatangani MoU dengan Tianjin Foreign Studies University (TGSU) Tiongkok, hingga Rektor UNP juga sudah melakukan kunjungan, ke Perguruan Tinggi terbaik bidang Engineering di Beijing

“Tak hanya itu, UNP atas nama Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud ristek), telah memenangkan perkara gugatan atas lahan tanah di Jalan Arif Rahman Hakim Kota Padang, di Pengadilan Tinggi Sumatera Barat,” sebutnya.

Ia menjelaskan, Pengadilan Tinggi telah membatalkan Putusan Pengadilan Negeri terkait dengan kepemilikan tanah di Jalan Arif Rahman Hakim, Pondok, Kecamatan Padang Selatan pada Rabu (17/1).

“UNP juga berencana membuka sejumlah Prodi baru lagi, diantaranya S2 Teknik Elektro di Fakultas Teknik, S1 Fashion dan Desain di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, dan Pendidikan Penjas OR, serta D3 Bahasa Arab yang bekerjasama dengan LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab).

Sementara untuk pembukaan penerimaan mahasiswa baru tahun 2024, UNP membuka SNPMB melalui tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Mandiri. (rdr/ant)

Exit mobile version