Klaim Siap jadi Lokasi HUT Satpol PP dan Satlinmas Tingkat Nasional, Sumbar Minta Mendagri jadi Inspektur Apel

Kemendagri menyetujui Sumbar sebagai tuan rumah Peringatan HUT Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62 tingkat Nasional Tahun 2024.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian (kiri) dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi. Gubernur menemui Mendagri untuk menyampaikan kesiapan peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas di Sumbar. (Foto: Dok. Adpim)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian (kiri) dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi. Gubernur menemui Mendagri untuk menyampaikan kesiapan peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas di Sumbar. (Foto: Dok. Adpim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi dilaporkan telah menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian pada Senin (26/2/2024) di Kantor Kemendagri.

Dalam pertemuan itu, Gubernur menyatakan Sumbar sudah siap secara teknis sebagai tuan rumah peringatan HUT Satpol PP ke-74 dan HUT Satlinmas ke-62 tingkat Nasional pada 1-3 Maret 2024 mendatang.

“Senin kemarin kami menemui Mendagri. Kami sampaikan bahwa Sumbar sudah siap secara teknis untuk menghelat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Apel Gelar Pasukan, dalam rangka HUT Satpol PP dan Satlinmas tingkat Nasional. Sekalian kami meminta agar Bapak Mendagri hadir untuk menjadi Inspektur Apel,” kata, Mahyeldi, Rabu (28/2/2024).

Gubernur mengatakan, rapat terakhir persiapan Rakornas dan Apel telah dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung H Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Adwik) Kemendagri, yang dipimpin oleh Mey Rany Wahida Utami selaku Plh Sekdirjen Bina Adwik dan Edi Nasution selaku Plh Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri.

Tahun ini, peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas mengusung tema ‘Peran Satpol PP dalam Menciptakan Trantibum Linmas untuk Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024’.

“Sejauh ini, kita sudah selesai melaksanakan Pemilu dengan kondusif pada 14 Februari lalu, dan terus mempersiapkan diri untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak 2024,” katanya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Sumbar, Irwan mengatakan, rapat akhir persiapan di Kantor Kemendagri dihadiri oleh Kasubdit Standarisasi Taops dan SDM Pol PP, Kasubdit Linmas, Biro Adpim Kemendagri RI, Biro Umum Kemendagri RI, Staf di lingkup Direktorat Pol PP Dan Linmas, Kepala Bagian Protokol Sumbar, Biro Umum Sumbar, serta Kasatpol PP Kota Padang dan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

“Tim protokol Kemendagri dan Pemprov Sumbar terus berkoordinasi terkait tata tempat dan tata acara Rakornas serta Apel Gelar Pasukan. Kami di Sumbar sudah mulai melakukan persiapan teknis, dan sudah hampir rampung. Untuk Rakornas nanti kami gelar di hotel, sedangkan Apel nanti di Lapangan Istana Gubernur Sumbar,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kemendagri menyetujui Sumbar sebagai tuan rumah Peringatan HUT Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62 tingkat Nasional Tahun 2024.

Kesempatan ini merupakan yang pertama kali untuk Sumbar, sehingga Pemprov Sumbar bertekad untuk semaksimal mungkin menggelar agenda nasional tersebut. (rdr)

Exit mobile version