Kemendagri Sebut Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas Tahun 2024 di Sumbar Terbaik Sepanjang Sejarah

Kemendagri memiliki beberapa kegiatan yang berskala nasional pada setiap tahunnya.

Plh Direktur Jenderal (Dirjen) Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri, Amran mengatakan Sumbar sangat siap menghelat peringatan hari jadi Satpol PP-74 dan Satlinmas ke-62. (Foto: Dok. Adpim)

Plh Direktur Jenderal (Dirjen) Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri, Amran mengatakan Sumbar sangat siap menghelat peringatan hari jadi Satpol PP-74 dan Satlinmas ke-62. (Foto: Dok. Adpim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kesiapan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) dalam menyelenggarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-62 tingkat Nasional dari tanggal 1 hingga 3 Maret mendapat pujian dari Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal (Dirjen) Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Amran.

“Kami menilai, penyelenggaraan tahun ini bisa menjadi yang terbaik sepanjang sejarah. Sumbar kami lihat sangat serius sebagai tuan rumah, persiapannya sangat detil dan matang,” kata Amran.

Amran mengatakan, Kemendagri memiliki beberapa kegiatan yang berskala nasional pada setiap tahunnya. Di mana, untuk penyelenggaraannya itu tidak terkonsentrasi di ibu kota negara, namun disebar ke beberapa daerah yang dinilai paling siap sebagai tuan rumah.

“Berhubung ini masih awal tahun, sehingga masih banyak kegiatan yang belum dilaksanakan. Peluang Sumbar untuk kembali menjadi tuan rumah kegiatan nasional lainnya sangat besar,” katanya.

Pada kesempatan itu, Amran juga mengatakan bahwa topik seputar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan jadi fokus dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) HUT Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62.

Pasalnya, tidak lama lagi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan berlangsung serentak pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

“Segenap jajaran Satpol PP dan anggota Satlinmas diminta untuk ikut menjaga dan memelihara kondusifitas, serta menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan instansi lainnya,” katanya.

Tahapan Pemilu, kata Amran, sangat penting dijaga keamanannya oleh jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah.

Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang mungkin terjadi tersebut, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, aparat Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini.

“Satpol PP harus siap siaga dalam menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat di daerah masing-masing,” katanya.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, sejak awal ditunjuk pihaknya memang sudah bertekad untuk menjadi yang terbaik karena ini adalah iven nasional pertama di Sumbar sepanjang Tahun 2024. Apalagi, sambung Mahyeldi, pesertanya berjumlah ribuan orang dari seluruh Indonesia.

“Ini adalah iven nasional pertama di Sumbar pada tahun ini, pesertanya juga banyak dan berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Oleh karena itu, kami sangat serius mengemasnya, ini bagus untuk promosi daerah,” katanya.

Mahyeldi meyakini, dengan menjadi tuan rumah penyelenggaraan even nasional, Sumbar akan mendapat banyak manfaat.

“Setidaknya itu akan berdampak positif untuk UMKM dan sektor pariwisata lokal,” imbuhnya. (rdr)

Exit mobile version