Dokter Muda Terpilih jadi Anggota DPD RI Mewakili Sumbar dengan Suara Tertinggi, Singkirkan Mertua Wako Padang

Capaian suara tertinggi Cerrint tentu saja berasal dari Kabupaten Pessel yang merupakan kampung halamannya.

Anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029, Cerrint Irraloza Tasya. (Foto: Dok. Instagram/@cerrinttasya)

Anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029, Cerrint Irraloza Tasya. (Foto: Dok. Instagram/@cerrinttasya)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Nama Cerrint Irraloza Tasya menjadi pusat perhatian masyarakat, khususnya publik Sumatera Barat (Sumbar).

Dokter muda asal Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) itu terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mewakili Sumbar bersama empat orang senator asal Sumbar lainnya.

Pada keikutsertaannya yang perdana di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Cerrint langsung menjadi kampiun atau pemuncak dengan raihan suara tertinggi.

Betapa tidak, Cerrint berhasil meraup 489.942 suara berdasarkan berita acara rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar dari tanggal 3 hingga 10 Maret 2024 lalu.

Capaian suara tertinggi Cerrint tentu saja berasal dari Kabupaten Pessel yang merupakan kampung halamannya.

Di daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Muko-muko, Provinsi Bengkulu ini, dokter muda tersebut meraih sebanyak 149.705 suara.

Bahkan, akibat perolehan suara Cerrint yang begitu tinggi itu, ia berhasil membawa petahana, Leonardy Harmainy untuk ‘pulang kandang’.

Mertua dari Wali Kota Padang, Hendri Septa dan bapak dari Genny Putrinda itu hanya meraup sebanyak 148.794 suara. Jumlah perolehan suara Leonardy bahkan sedikit lebih rendah dengan raihan Cerrint di Kabupaten Pessel.

Selain Cerrint, tiga senator lainnya yang ikut mewakili Sumbar, yakni Emma Yohanna, Jelita Donal dan Muslim M Yatim.

Emma Yohanna kembali menduduki kursi empuk DPD untuk keempat kalinya. Pada pemilu 2024 ini, ia meraup sebanyak 357.627 suara.

Jelita Donal, seorang ulama asal Kabupaten Agam, Sumbar meraih 260.820 suara dan Muslim M Yatim sebanyak 247.495 suara.

Dari empat senator itu, dua orang berstatus petahana, yakni Emma Yohanna dan Muslim M Yatim. Sementara Leonardy Harmainy kalah dan Alirman Sori juga harus merelakan kursinya di DPD diambil kandidat lainnya pasca memutuskan menjadi Caleg DPR RI Dapil Sumbar 1 dari Partai Golkar yang berakibat kekalahan kepada dirinya. (rdr)

Exit mobile version