Mulai Diujicobakan, Begini Skema Jalur Satu Arah Padang-Bukittinggi

Jika nantinya ini bisa diatasi maka Ditlantas Polda Sumbar meyakini ketika satu jalur diberlakukan pada H-3 dan H+3 libur Idul Fitri nanti, kemacetan seperti tahun sebelumnya bisa diatasi. 

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya terkait Operasi Zebra Singgalang 2022

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya terkait Operasi Zebra Singgalang 2022

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Polisi dan aparat gabungan terkait telah melakukan serangkaian persiapan uji coba jalur satu arah Padang-Bukittinggi pada Sabtu (8/4/2023).

Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar, Kombes Hilman Wijaya mengatakan, pihaknya menyiapkan sekitar 200 personel yang ditugaskan di jalur yang menjadi kawasan rekayasa lalu lintas.

“Kami berharap pengendara bisa mengikuti alur dan kebijakan ini,” kata Hilman, Jumat (7/3/2023) siang.

Hilman menjelaskan, pada hari uji coba satu arah, semua kendaraan dari arah Padang menuju Bukittinggi tetap di jalur yang sama.

Namun, sambungnya, bagi kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang akan diarahkan melewati Jalan Malalak-Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman.

“Kami arahkan dari Padang Lua Bukiitinggi dan berbelok ke kanan arah Malalak hingga ke simpang tiga Koto Mambang, Padang Pariaman. Uji coba dimulai pukul 12.00 hingga 16.00 WIB,” katanya.

Hilman tidak menampik bahwa sengaja memilih tanggal 8 April 2023 sebagai jadwal uji coba rekayasa lalu lintas satu arah karena bertepatan dengan libur panjang, sebagai gambaran lalu lintas di hari libur itu sendiri.

“Dengan kami lakukan uji coba One Way di tanggal itu, kan bertepatan dengan ‘long week end’ sehingga volume kendaraan akan lebih meningkat dibanding akhir pekan biasa.”

“Memang tidak sebanyak pas lebaran tapi setidaknya volume kendaraan jumlahnya bisa mendekati (gambaran) arus (kepadatan) lalu lintas,” ungkapnya.

Hilman menekankan, jika nantinya ini bisa diatasi maka Ditlantas Polda Sumbar meyakini ketika satu jalur diberlakukan pada H-3 dan H+3 libur Idul Fitri nanti, kemacetan seperti tahun sebelumnya bisa diatasi.

Lantas, bagaimana dengan pengendara yang memulai perjalanan dari jalur setelah Padang Lua Bukittinggi yang hendak menuju Padang atau sekitarnya?

Hilman menjelaskan, bahwa di jam berlakunya satu arah nanti pengendara harus memutar arah melewati  Singkarak Solok atau Tanah Datar, jika hendak menuju Padang.

“Misalnya pengendara yang berada di Padang Panjang menuju Padang, yah mereka harus berputar melewati Tanah Datar atau Singkarak, Solok, atau jika berada lebih dekat ke Padang Lua, maka wajib lewat Malalak, intinya yang ditutup dari arah Bukittinggi menuju Padang,” katanya.

Bagi pengendara lokal yang memakai jalur pendek ke arah Padang Panjang, Malibo Anai, Kayu Tanam hingga Sicincin Pariaman, mereka diminta memperhatikan jam diberlakukan rute satu arah, dengan cara menunggu selesainya waktu diberlakukan jalur satu arah tersebut, baru bisa lewat.

“Melalui uji coba ini, kami mempelajari apa saja nanti kekurangannya, seperti penyebaran anggota, kesiapsiagaan dan sarana pendukung lannya. Yang pasti  hasil uji coba ini akan dilaksanakan pada libur Idul Fitri 1444 Hijriah nanti,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version