Mengulik Data LHKPN Tiga Rektor PTN di Sumbar, Siapa Terkaya?

Tiga PTN di Sumbar tersebut yakni, Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol.

Rektor UNP Ganefri, Rektor UIN Martin Kustati dan Rektor Unand Yuliandri. (dok. istimewa)

Rektor UNP Ganefri, Rektor UIN Martin Kustati dan Rektor Unand Yuliandri. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Rektor merupakan pimpinan tertinggi perguruan tinggi. Di Indonesia, setiap penyelenggara negara termasuk diantaranya pimpinan perguruan tinggi wajib melaporkan seluruh harta kekayaannya kepada LHKPN (laporan harta kekayaan penyelenggara negara).

Pelaporan LHKPN tersebut tercatat dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Tiga PTN di Sumbar tersebut yakni, Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol. Lantas berapa jumlah harta kekayaan pada Rektor PTN ini?

Rektor UNP, Ganefri diketahui memiliki harta kekayaan terbesar di antara ketiganya. Kekayaan Ganefri diperkirakan mencapai total sebesar Rp7.577.012.127 sesuai dengan laporan di laman e-LHKPN.

Dalam laporan tersebut juga tercatat bahwa Ganefri memiliki tiga kendaraan, yaitu mobil Honda Jazz, Honda HR-V, dan satu unit motor. Meski begitu, Ganefri juga tercatat punya utang sebesar Rp17.875.128 dan beberapa bidang tanah di dua daerah.

Kemudian, Martin Kustati, Rektor UIN Imam Bonjol Padang menempati urutan kedua. Harta kekayaannya saat ini diperkirakan mencapai Rp3.645.593.708 yang terdiri dari kepemilikan dua bidang tanah dan bangunan yang berlokasi di Kota Padang.

Martin juga memiliki tiga kendaraan, yaitu mobil Honda CR-V, Honda HR-V dan Toyota Yaris S Limited. Di samping itu, Martin tercatat memiliki utang yang cukup besar senilai Rp1.002.000.000.

Rektor Unand, Yuliandri berada di posisi terakhir dengan harta kekayaan mencapai Rp1.701.726.719. Tercatat dalam laporan e-LHKPN bahwa sebagian besar harta kekayaan Yuliandri terdiri dari tiga bidang tanah dan bangunan yang berlokasi di Kota Padang, Depok dan Bandung.

Yuliandri hanya memiliki mobil Toyota Innova Minibus yang merupakan satu-satunya kendaraan yang tercatat atas namanya dalam laporan harta kekayaannya. Selain itu juga terungkap, Yuliandri memiliki utang sebesar Rp697.734.536. (rdr)

Exit mobile version