Mutasi Terbaru Polri, Eks Kapolresta Padang Jabat Dirbinmas Polda Sumbar

Imran menggantikan Kombes Johni Soeroto yang dimutasikan sebagai Analis Kebijakan (Anjak) Madya Bidang Binmas Baharkam Polri.

Eks Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir. (dok. istimewa)

Eks Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Eks Kapolresta Padang, Kombes Imran Amir kembali bertugas di Sumatera Barat (Sumbar) dan menjabat sebagai Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) dalam mutasi Polri terbaru.

Imran menggantikan Kombes Johni Soeroto yang dimutasikan sebagai Analis Kebijakan (Anjak) Madya Bidang Binmas Baharkam Polri.

Keputusan mutasi Polri itu tertuang di sejumlah Surat Telegram (ST) Kapolri, di antaranya bernomor 1392, 1394, 1395 dan 1396/VI/KEP./2023 tanggal 24 Juni 2023 dan ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo.

Tujuannya, dalam rangka menggantikan sejumlah personel kepolisian dari tingkat perwira tinggi hingga menengah. Sebelumnya, Imran yang berasal dari Ranah Minang telah tiga kali menjabat sebagai Kapolres di wilayah hukum (wilkum) Polda Sumbar.

Di antaranya, Kapolres Sijunjung, Dharmasraya dan akhirnya ditunjuk menjadi Kapolresta Padang. Setelah itu, Imran kemudian dipindahkan ke Polda Jawa Tengah (Jateng) dan menjabat sebagai Kepala Bidang Hukum (Kabid Kum).

Jabatan Kabid Kum Polda Jateng yang ditinggal Imran usai ditunjuk sebagai Dirbinmas selanjutnya diemban oleh Kombes Johanes Setiawan Widjanarko, sebelumnya Kabid Propam Polda Riau.

“Iya, Kapolri mengeluarkan daftar polisi yang pindah, ada yang pensiun, itu hal yang biasa di tubuh Polri untuk kepentingan organisasi dan penyegaran,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Dwi Sulistyawan, Senin (26/5/2023) pagi.

Selain Imran, Kapolri juga mengeluarkan ST terbaru untuk menggantikan sejumlah posisi strategis yang terdapat di Polda Sumbar dan Polres jajaran, termasuk jabatan Kapolres.

Kapolres Solok, AKBP Apri Wibowo akhirnya mengisi pos Wakapolresta Bukittinggi mendampingi Kombes Yessi Kurniati. Apri mengisi kekosongan kursi Triarga-2 (sebutan untuk posisi Wakapolresta Bukittinggi) usai terjadi kenaikan tipe dari D.

Pengganti Apri, yakni, Danden A Sat Wanteror Pasgegana Korbrimob Polri, AKBP Muari. Kapolres Agam, AKBP Ferry Ferdian diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabag Dalpers Ro SDM Polda Sumbar.

Posisinya digantikan Kasubdit 5 Ditreskrimsus Polda Sumbar, AKBP Muhammad Agus Hidayat. Kapolres Sijunjung, Muhammad Ikhwan Lazuardi juga diganti. Ia pindah ke Polda Bangka Belitung (Babel) sebagai Wadan Sat Brimob.

Posisi yang ditinggalnya digantikan AKBP Andre Anas, sebelumnya Kanit I Subdit Kepemerintahan Ditpolitik Baintelkam Polri. Selain posisi Kapolres, personel Polri yang mengisi jabatan strategis di lingkungan Polda Sumbar juga diganti.

Kabid Propam, Kombes Eko Yudi Karyanto ditarik ke Mabes Polri dan menjabat Akreditor Utama Div Propam. Posisinya digantikan oleh Kabag Bin Ops Ro Ops Polda NTB, AKBP Hidayat Asykuri Ginting.

Terakhir, AKBP Trisno Eko Santoso yang sebelumnya menjabat Wadir Pam Obvit Polda Sumbar promosi sebagai Dirpolairud Polda Kepri menggantikan Kombes Boy Herlambang.

Kombes Boy menggantikan Kombes Syamsi yang pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Sumbar dan saat ini menjabat sebagai Waket Bid Minwa STIK Lemdiklat Polri. (rdr-008)

Exit mobile version