Pastikan Biaya Nikah Nol Rupiah, Kakanwil Kemenag Sumbar Sidak KUA

Kakanwil Kemenag Sumbar Mahyudin melakukan sidak ke KUA di Padang. (Foto: Dok. Humas Kemenag Sumbar)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Guna memastikan layanan keagamaan berjalan baik, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, Mahyudin melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Urusan Agama (KUA) di Kota Padang.

Kehadiran Kakanwil di KUA Padang Barat disambut Kepala KUA Tasman bersama staf. Kakanwil juga melihat langsung data pencatatan nikah di kantor yang terletak di Komplek GOR H Agus Salim ini.

“Saya sengaja datang ke KUA tanpa memberi tahu untuk membuktikan bahwa tidak ada pungutan liar (pungli), selain yang dicatatkan secara resmi,” tegas Kakanwil, Jumat (15/12/2023) usai melakukan sidak.

Kakanwil tidak menginginkan masyarakat yang seharusnya mendapatkan layanan nikah, tidak mendapat layanan nikah dengan baik. “Jangan utamakan jaspro (jasa profesi) sehingga pelayanan terabaikan,” tegasnya.

“Saya tidak mau mendengar, nikahnya di kantor KUA tetapi tercatatnya di luar kantor. Nikah di kantor itu Rp0, penghulu tidak mendapatkan jasa profesi,” kata Kakanwil.

Ia juga meminta KUA bersama penghulu bekerja sesuai aturan sehingga semua berjalan dengan baik.

“Aparatur Sipil Negara merupakan pembantu, kerjanya adalah melayani. KUA harus memberikan pelayanan atau membantu masyarakat dalam mendapat informasi keagamaan serta pelayanan nikah dan rujuk,” kata Mahyudin.

Kuncinya kata putra Kampar Riau ini adalah melayani. Aparatur KUA harus memberikan pelayanan yang maksimal atau service excellent. “Pelayanan ini memang sangat penting, masyarakat yang akan dilayani butuh keseriusan kita,” pungkasnya.

Diakui Kakanwil, KUA sudah melakukan berbagai perubahan dan memiliki wajah baru. KUA sudah bermigrasi dan bertransformasi ke arah yang lebih baik. Melalui program revitalisasi, KUA memberikan layanan terbaik untuk semua. (rdr)

Exit mobile version