BKHIT Kirim 2.000 Ikan Asal Sumbar ke Jakarta

Sebelum dikirim, pemeriksaan fisik meliputi pengamatan kondisi tubuh ikan, seperti warna, lendir, dan aktivitas harus dilakukan.

ilustrasi pengiriman ikan dari Sumbar. (dok. Antara)

ilustrasi pengiriman ikan dari Sumbar. (dok. Antara)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BKHIT) Sumatera Barat (Sumbar) memastikan keamanan 2.000 ekor ikan yang akan dikirim ke Jakarta pada hari Kamis (15/2/2024).

Pemeriksaan ini dilakukan untuk menjamin kesehatan dan bebasnya ikan dari hama penyakit sebelum dilalulintaskan antar daerah.

“Kami lakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium terhadap sampel ikan untuk memastikan bebasnya dari hama penyakit,” ungkap Kepala BKHIT Sumbar, Ibrahim.

Pemeriksaan fisik meliputi pengamatan kondisi tubuh ikan, seperti warna, lendir, dan aktivitas. Sedangkan pemeriksaan laboratorium meliputi pengujian terhadap beberapa parameter, seperti bakteri, virus, dan parasit.

“Setelah melalui pemeriksaan dan dinyatakan sehat, BKHIT menerbitkan sertifikat karantina sebagai syarat sah untuk pengiriman ikan ke Jakarta,” jelas Ibrahim.

Sertifikat ini menjadi bukti bahwa ikan yang dilalulintaskan telah memenuhi persyaratan kesehatan dan keamanan.

Ibrahim menegaskan komitmen BKHIT dalam menjaga kesehatan hewan, ikan, dan tumbuhan di wilayah Sumatera Barat.

Hal ini dilakukan untuk melindungi masyarakat dari bahaya penyakit yang dapat ditularkan melalui hewan, ikan dan tumbuhan. (rdr/MC Padang)

Exit mobile version