Pertamina Salurkan Bantuan bagi Korban Terdampak Banjir Lahar Dingin Marapi, Jalur Distribusi BBM Disalurkan via Sei Siak Riau

Respons cepat yang diberikan oleh Pertamina Patra Niaga merupakan bentuk kehadiran untuk masyarakat sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

Penyaluran bantuan dari Pertamina Patra Niaga untuk korban terdampak bencana banjir lahar dingin. (Foto: Dok. Pertamina)

Penyaluran bantuan dari Pertamina Patra Niaga untuk korban terdampak bencana banjir lahar dingin. (Foto: Dok. Pertamina)

LUBUK BASUNG, RADARSUMBAR.COM – Bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi, Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (5/4/2024) lalu langsung direspons cepat oleh Pertamina Patra Niaga melalui Program Pertamina Peduli dengan menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Freddy Anwar kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Agam, Edi Busti, Minggu (7/4/2024).

Freddy mengatakan, respons cepat yang diberikan oleh Pertamina Patra Niaga merupakan bentuk kehadiran untuk masyarakat sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

“Kami turut prihatin atas bencana banjir lahar dingin ini. Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat meringankan beban masyarakat terdampak,” katanya.

Bantuan yang diberikan berupa puluhan paket sembako dan Bright Gas untuk mendukung penyediaan makanan serta dapur umum bagi korban terdampak di posko pengungsian.

Menurut Freddy, begitu mendapat kabar adanya bencana banjir lahar dingin, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut mengaktifkan skema alternatif distribusi BBM untuk memastikan kebutuhan BBM di wilayah terdampak dapat tetap terpenuhi.

Sehingga, dengan pola ini, BBM yang biasanya dipasok dari Integrated Terminal (IT) Teluk Kabung, Kota Padang untuk beberapa daerah tetangga lokasi bencana seperti Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, langsung dikirim dari Fuel Terminal (FT) Sei Siak, Riau.

“Berdasarkan koordinasi yang dilakukan, untuk memenuhi kebutuhan BBM di wilayah Lima Puluh Kota dan Payakumbuh kami telah mengaktifkan skema alternatif, dimana sebelumnya dipasok melalui IT Teluk Kabung, akan dialihkan dengan pasokan dari FT Sei Siak,” katanya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Agam, Edi Busti yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pertamina Patra Niaga.

“Atas nama Bupati Agam dan seluruh masyarakat terdampak bencana lahar dingin di daerah sekitar Gunung Marapi, kami haturkan terima kasih atas kepedulian Pertamina Sumbagut dan jajaran,” kata Edi Busti di Posko Utama bencana SDN 08 Simpang Bukik Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang. (rdr)

Exit mobile version