Pemkab Agam Alokasikan Anggaran Rp1,7 Miliar untuk Jasa Guru Tahfiz dan Lomba

Pelaksanaan tugas Kabag Kesra Sekretariat Agam, Yosman. (ANTARA/HO- Humas Agam)

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengalokasikan anggaran Rp1,7 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 untuk bantuan jasa guru dan lomba tahfiz di daerah itu.

Pelaksana Tugas Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Agam, Yosman di Lubukbasung, Kamis, mengatakan dana Rp1,7 miliar itu untuk jasa 611 guru tahfiz dan lomba tahfiz antar lembaga selama 2023. “Masing-masing guru tahfiz mendapatkan jasa Rp1 juta per tahun dan 611 guru itu berasal dari 367 rumah tahfiz di Agam,” katanya.

Ia mengatakan pemberian bantuan jasa guru tahfiz dan lomba tahfiz ini merupakan program tahunan yang sudah dimulai pada 2022. Lomba tersebut sebagai motivasi bagi santri untuk lebih giat belajar tahfiz, sehingga bakal lahir hafiz di daerah itu.

Hadiah utama pada lomba itu berupa umrah dan uang tunai yang telah dianggarkan di APBD. “Enam orang juara tahfiz tahun sebelumnya rencananya berangkat ke tanah suci pada Februari 2023,” katanya.

Ia mengakui, Bagian Kesra Sekretariat Daerah Agam bakal melakukan pemutakhiran data rumah tahfiz dan guru tahfiz di daerah itu.

Pemutakhiran data tersebut melalui 16 camat di daerah itu dan berharap dalam selesai pada tahun ini. “Camat melakukan pemutakhiran data rumah tahfiz dan guru tahfiz di wilayah kerja mereka masing-masing,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version