Pencarian Nelayan Hilang di Danau Maninjau, Basarnas: Selasa Kami Lanjutkan

Korban dilaporkan hilang sejak Minggu (24/9/2023) pagi oleh masyarakat setempat.

Tim gabungan Pemkab Agam sedang mencari korban tenggelam di Danau Maninjau, Senin (25/9). Dok BPBD Agam

LUBUK BASUNG, RADARSUMBAR.COM – Tim Search and Rescue (SAR) atau pencarian gabungan masih belum menemukan keberadaan dari nelayan bernama Randi Rifandi (27) yang dilaporkan hilang di Danau Maninjau saat mencari ikan.

Pada pencarian hari kedua, Senin (25/9/2023), tim SAR gabungan tidak kunjung menemukan keberadaan dari warga Jorong Lubuak Kandang, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) tersebut.

“Pencarian kami lanjutkan pada Selasa (26/9/2023),” kata Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik.

Abdul Malik mengatakan, korban dilaporkan hilang sejak Minggu (24/9/2023) pagi oleh masyarakat setempat.

“Sehari sebelumnya, Sabtu (23/9/2023) malam, korban ini pergi mencari ikan menggunakan perahunya di seputaran Danau Maninjau,” katanya.

Abdul mengatakan, tim SAR gabungan yang mendapatkan informasi tersebut kemudian turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) mencari korban.

Bahkan, Kantor SAR Padang mengerahkan personel dari dua pos sekaligus, yakni dari Pos SAR Pasaman dan Limapuluh Kota.

“Hari pencarian pertama dan kedua nihil (korban belum ditemukan), kami lanjutkan dengan hari ketiga,” katanya.

Pada pencarian hari kedua, kata Abdul Malik, sejumlah elemen ikut terlibat. Selain Basarnas, unsur lain yang ikut dalam misi kemanusiaan itu di antaranya, TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran (Damkar), Perangkat Nagari, nelayan, hingga masyarakat setempat.

“Tim dikerahkan ke dua tim, satu di darat yang bertugas mencari di sepanjang pinggiran danau, dan tim lainnya ke tengah danau menggunakan perahu karet,” imbuhnya. (rdr)

Exit mobile version