Hari Keempat Pencarian, Nelayan yang Hilang di Danau Maninjau Belum Ditemukan

Pencarian seorang nelayan yang hilang di Danau Maninjau sejak Minggu (24/9/2023) pagi. (Foto: Dok. Basarnas)

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Tim SAR gabungan masih mencari keberadaan seorang nelayan yang hilang di Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Pria bernama Randi Rifandi (27), warga Jorong Lubuak Kandang, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam itu hilang sejak Minggu (24/9/2023).

“Ini pencarian hari keempat, korban masih belum ditemukan dan pencarian oleh tim SAR gabungan dilanjutkan,” kata Kepala Kantor SAR, Abdul Malik via keterangan tertulis, Rabu (27/9/2023) pagi.

Fokus tim pencarian, kata Abdul Malik, adalah dengan menyebar tim. Satu tim menyisir pinggiran Danau Maninjau dan tim lainnya di tengah danau.

“Pencarian masih di seputar area lokasi awal korban dilaporkan hilang, namun luasan area pencarian juga kami perluas,” katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun Radarsumbar.com, selain melibatkan tim pencarian gabungan dari unsur TNI, Polri, BPBD, Damkar hingga unsur kebencanaan dan masyarakat, pencarian Randi juga melibatkan orang pintar atau dukun.

“Memang informasinya kami dapat begitu, namun, kami fokus pada teknis atau SOP pencarian atau operasi SAR saja, pada intinya, pencarian korban melibatkan lapisan masyarakat juga,” katanya.

Abdul Malik mengatakan, korban dilaporkan hilang sejak Minggu (24/9/2023) pagi oleh masyarakat.

“Sehari sebelumnya, Sabtu (23/9/2023) malam, korban ini pergi mencari ikan menggunakan perahunya di seputaran Danau Maninjau,” katanya.

Abdul mengatakan, tim SAR gabungan yang mendapatkan informasi tersebut kemudian turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) mencari korban.

Bahkan, Kantor SAR Padang mengerahkan sejumlah personel dari dua pos sekaligus, yakni dari Pos SAR Pasaman dan Limapuluh Kota. (rdr-008)

 

Exit mobile version