Dua Tim Robotik MAN 1 Bukittinggi Wakili Sumbar di KoSSMI 2023 Jakarta

Dua tim Minangkabau Robotik tersebut masing-masing Tim Robot Kampung Teknologi dan Tim Robot Rumah Pindah (RRP)

Dua Tim Minangkabau Robotik dari MAN 1 Bukittinggi berhasil mewakili Sumbar dalam Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) 2023. (Antara/Al Fatah)

BUKITTINGGI, RADARSUMBAR.COM – Dua tim robotik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bukittinggi berhasil mewakili Sumatera Barat dalam babak final Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) 2023 yang akan digelar di Jakarta pertengahan Mei.

“Dua tim Minangkabau Robotik tersebut masing-masing Tim Robot Kampung Teknologi dan Tim Robot Rumah Pindah (RRP), keduanya lolos setelah penyaringan semifinal,” kata Guru Pembina Robotoik MAN 1 Bukittinggi, Erria Nanda Utama, Senin.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Abak Academy Artificial Intelligence Centre Indonesia bekerja sama dengan FMIPA Universitas Indonesia dan Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS).

Tim pertama dengan anggota Muhammad Ghufran Nur Ramadhan dan Silfi Alfa Hidayat serta tim kedua dengan anggota Nayla Maylida Ar Rumi dan Fauzatun Najwa lolos bersama 20 peserta lainnya dari seluruh sekolah muslim di Indonesia.

“Hasil nilai presentasi kedua tim tersebut sangat memuaskan dimana mereka berada pada peringkat tiga dan lima dari 20 tim yang masuk ke Babak Final dengan nilai 95,10 serta nilai 94.65,” kata Erria.

Ia mengatakan penyaringan peserta pada babak semi final dilakukan secara offline dengan pengiriman video presentase, dilanjutkan dengan uji tanya jawab oleh juri secara online melalui zoom meeting.

“Para peserta yang lolos adalah mereka yang mendaftar dan mengikuti seleksi berdasarkan persyaratan administrasi, presentasi dan kemampuan robot dalam menjalankan misi melalui video yang dikirim, presentasi serta tanya jawab secara zoom, itu sudah dilalui tim dengan persiapan yang matang,” katanya.

Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Irsyad mengucapkan selamat kepada dua tim Minangkabau Robotik yang lolos masuk ke babak final Kossmi t2023.

“Ini kali pertama MAN 1 Kota Bukittinggi melaju ke babak final Kossmi tahun 2023, kami bangga dengan siswa dan guru, waktu libur mereka banyak habis selama ini di ruang robotik daripada liburan keluar,” katanya.

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, Eri Iswandi mengapresiasi prestasi yang diraih siswa madrasah khususnya siswa MAN 1 Kota Bukittinggi di Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) Tahun 2023 bidang robotik.

“Selamat atas prestasi yang di raih masuk babak final Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) Tahun 2023 bidang robotik, mudah-mudahan sukses dan mendapatkan hasil yang terbaik,” harapnya. (rdr/ant)

Exit mobile version