Perintah Ketua Bawaslu Dharmasraya untuk Panwaslu yang Baru Dilantik: Langsung Kerja

Tidak ada jeda untuk melaksanakan tahapan pilkada.

Ketua Bawaslu Subandiyono (kanan) saat melakukan penandatanganan berita acara pelantikan Anggota Panwaslu Kecamatan, di Pulau Punjung, Sabtu (25/5/2024) siang. (Foto: Dok. Antara/Ilka Jensen)

Ketua Bawaslu Subandiyono (kanan) saat melakukan penandatanganan berita acara pelantikan Anggota Panwaslu Kecamatan, di Pulau Punjung, Sabtu (25/5/2024) siang. (Foto: Dok. Antara/Ilka Jensen)

PULAU PUNJUNG, RADARSUMBAR.COM – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya, Subandiyono mengatakan, 33 anggota Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik langsung bekerja mengambil alih tugas Bawaslu Kabupaten, dalam hal perekrutan Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD).

“Tahap wawancara akan dilakukan teman-teman kecamatan pada tanggal 27 hingga 28 Mei 2024. Panwaslu kecamatan dilantik dan mengikuti pembekalan pada 25-26 Mei 2024. Artinya, tidak ada jeda untuk melaksanakan tahapan pilkada,” katanya, Sabtu (25/5/2024) siang.

Proses rekrutmen PKD, katanya, sebelumnya diambil alih Bawaslu Kabupaten mengingat Panwaslu Kecamatan belum terbentuk.

Proses tahapan penerimaan berkas hingga pengumuman administrasi dilaksanakan di tingkat kabupaten, sedangkan tahap wawancara dilakukan di kecamatan.

“33 anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik merupakan hasil evaluasi kinerja yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Dharmasraya. Akumulasi penilaian portofolio dan penilaian atasan keseluruhan anggota Panwaslu yang bertugas pada Pemilu kemarin dinyatakan memenuhi syarat untuk ditetapkan Kembali,” katanya.

“Dharmasraya bersama Kota Pariaman merupakan dua daerah yang tidak melakukan seleksi terbuka Panwaslu kecamatan untuk Pilkada serentak 2024 dari 19 kabupaten kota,” sambungnya.

Sesuai petunjuk teknis Bawaslu RI, katanya, proses rekrutmen Panwaslu Kecamatan dilakukan dengan dua metode, yakni exiting atau evaluasi kinerja dan seleksi terbuka.

Ia menjelaskan, Bawaslu Kabupaten Dharmasraya berpesan kepada Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik agar segera melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder. Bawaslu juga mengingatkan agar selalu menjaga kekompakan.

“Tingkatkan kinerja, yang sudah bagus dipertahankan, dan yang kurang agar ditingkatkan. Namun, yang paling penting dalam bertugas teman-teman panwascam harus berpedoman kepada regulasi, untuk itu tingkatkan pemahaman regulasinya,” katanya.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Dharmasraya, AKP Rajulan Harahap mengatakan, Polres Dharmasraya dan jajaran menyatakan siap berkolaborasi dengan seluruh pihak termasuk Bawaslu dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilu yang jujur, adil, dan aman.

“Kami juga minta ke seluruh stakeholder untuk secara bersama menjaga situasi kamtibmas selama tahapan Pemilu Serentak Nasional 2024 di Dharmasraya,” tuturnya. (rdr/ant)

Exit mobile version