Unik! Masjid Muhammad di Dharmasraya Dibuat Layaknya Ka’bah

Di mana bangunannya menyerupai Ka'bah sebagai representasi dari kecintaan umat Islam kepada Baitullah

Masjid Ka'bah di Nagari Sungai Duo, Kabupaten Dharmasraya. (Foto: Dok. Istimewa)

PULAUPUNJUNG, RADARSUMBAR.COM – Salah satu masjid di Kabupaten Dharmasraya memiliki bangunan yang unik dan menyerupai arsitektur Ka’bah serta diklaim pertama di Sumatera Barat (Sumbar).

Rumah ibadah itu diberi nama Masjid Muhammad, berlokasi di Simpang Tugu, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya.

Masjid itu memiliki luas 15 X 15 meter dengan tinggi lebih kurang sembilan meter. Selain itu, bangunan ini juga dipenuhi tulisan kaligrafi yang dikelilingi kebun sawit dan pemukiman warga.

Ketua Pengurus Masjid Muhammad, Haji Heri Saputra mengatakan, pembangunan rumah ibadah itu berawal dari ide dan gagasan salah seorang perantau yang berasal dari Nagari Sungai Duo.

“Konsep awal masjid ini yakni ingin berbeda dengan masjid yang ada selama ini. Di mana bangunannya menyerupai Ka’bah sebagai representasi dari kecintaan umat Islam kepada Baitullah,” kata Heri, Senin (10/4/2023).

Masjid Muhammad itu, kata Heri akan dijadikan ikon daerah Nagari Sungai Duo dan objek wisata religius.

“Rencana lainnya, kami juga buka kegiatan manasik haji untuk masyarakat serta tempat pendidikan agama juga,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Dharmasraya, Buya Haji Aminullah Salam mengaku bangga dengan kehadiran Masjid Muhammad yang menyerupai Ka’bah.

“Kalau dilihat bangunan Masjid Muhammad yang menyerupai Ka’bah ini untuk Sumbar mungkin ini yang pertama dengan keunikannya. Alhamdulillah kami sangat bangga sekali,” tuturnya.

Bagi masyarakat yang ingin memberikan sumbangan kepada masjid ini bisa mengirimkan bantuak via transfer ke Bank Nagari dengan nomor 7102-0220-238-951 atas nama Masjid Muhammad Nagari Sungai Duo. (rdr-008)

Exit mobile version